11 Cara Mudah Menjalankan Order GrabMart Terbaru

11 Cara Mudah Menjalankan Order GrabMart Terbaru

GrabMart – Sebelumnya Gojekblog sudah membahas cara menjalankan order GrabBike dan GrabFood, yang mana GrabBike merupakan layanan Grab untuk antar jemput pelanggan. Sedangkan GrabFood merupakan layanan membelikan makanan di restorant yang sudah terdaftar di Grab.

Ada pula order GrabExpress yang merupakan layanan Grab untuk antar barang atau paket dengan cepat. Kali ini Gojekblog akan membahas bagaimana cara menjalankan order GrabMart.

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya Anda mengenal dan memahami apa sih orderan GrabMart itu?

GrabMart merupakan layanan program dari GrabFood untuk merchant yang mana mitra driver membelikan barang atau produk untuk kebutuhan sehari-hari di sebuah swalayan atau minimarket yang sudah terdaftar di Grab.

Untuk produk yang dibeli bervariasi, bisa produk perawatan dan kecantikan, buah dan sayur, makanan kemasan, snack, frozen food, hingga barang kebutuhan sehari-hari.

Sama halnya dengan orderan GrabFood, orderan GrabMart juga memberikan detail informasi lokasi minimarket atau swalayan serta detail informasi item pesanan yang akan dibeli.

Karena masih dalam program GrabFood, perolehan poin atau berlian yang akan didapatkan mitra akan menyesuaikan dengan perolehan berlian dari layanan GrabFood.

Untuk cara menjalankan orderan GrabMart, secara umum prosesnya tidak jauh beda dengan menjalankan order GrabFood. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan langkah-langkah cara menjalankan order GrabMart.

11 Cara Mudah Menjalankan Order GrabMart Terbaru

Langkah-langkah Menjalankan Order GrabMart

#1. Langkah pertama, pastikan aplikasi Grab driver dalam keadaan aktif (ON). Aktifkan juga fitur Autobid untuk mempermudah Anda dalam penerimaan order. Sehingga jika ada order yang masuk, maka sistem akan otomatis menerima orderan tersebut.

#2. Jika Anda mendapat orderan, pastikan Anda terlebih dahulu membaca informasi orderan apa yang Anda dapatkan. Orderan GrabMart berarti tugas Anda adalah membelikan barang atau produk di toko/swalayan yang terdaftar sebagai mitra GrabMart.

#3. Informasi pada orderan GrabMart tidak jauh beda dengan cara menjalankan order GrabFood. Terdapat, tanda bulatan berwarna hijau dengan nomor 1 pada peta, merupakan lokasi toka yang akan dituju. Sedangkan tanda bulat berwarna merah dengan nomor 2, merupakan lokasi pelanggan berada.

Baca :  Cara Mudah Top Up Saldo Grab Driver Melalui Tokopedia

Terdapat juga informasi tentang jumlah tarif yang akan Anda terima setelah menyelesaikan order. “Uang Tunai” berarti pelanggan membayar dengan uang tunai saat orderan selesai. Namun jika Non Tunai, berarti pelanggan menggunakan pembayaran OVO yang akan masuk pada Dompet Tunai di aplikasi driver Anda

#4. Hal pertama yang Anda harus pastikan adalah mengkonfirmasi orderan tersebut pada pelanggan. Misalnya menanyakan pesanan sudah sesuai di aplikasi atau ada catatan khusus untuk pembelian produk di toko/swalayan.

#5. Jika sudah konfirmasi, Anda bisa berangkat menuju toko/swalayan GrabMart. Pastikan Anda menekan “Saya sudah di Toko” hanya disaat Anda sudah berada di lokasi toko tersebut. Hal ini untuk menghindari terbaca oleh sistem perihal pelanggaran kode etik.

11 Cara Mudah Menjalankan Order GrabMart Terbaru

#6. Berikan rincian pesanan di aplikasi driver kepada kasir swalayan. Karena barang yang Anda beli merupakan produk jadi/kemasan, jadi Anda tak peru nunggu lama untuk proses penyiapan pesanan.

Tekan “Sudah Saya Ambil” ketika barang/produk sudah diberikan kepada Anda. Cek kembali pesanan sesuai dengan informasi pesanan di aplikasi. Kemudian foto nota pembelian untuk melanjutkan proses pengantaran.

#7. Mitra GrabMart sendiri menggunakan pembayaran non tunai untuk pembelian produk. Sama halnya dengan mitra GrabFood Pilihan, Anda tak perlu membayar tunai untuk pembelian produk di toko GrabMart.

#8. Sebelum berangkat antar pesanan, ada baiknya Anda konfirmasi ulang perihal lokasi antar pelanggan sudah sesuai di peta atau tidak. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam antar pesanan lebih cepat, karena sudah mengetahui lokasi yang tepat.

11 Cara Mudah Menjalankan Order GrabMart Terbaru

#9. Tekan “Saya Sudah Sampai” saat sudah berada di lokasi antar. Jika sudah berjumpa dengan pelanggan dan memberikan produk yang sudah dipesan, tekan “Sudah Diantar” untuk menyelesaikan orderan.

Baca :  Driver Wajib Tahu Cara Cancel Orderan Grab Agar Performa Penyelesaian Aman

Jika pelanggan membayar dengan metode pembayaran OVO (non tunai), Anda tidak perlu lagi menagih pembayaran kepada pelanggan. Namun jika pelanggan menggunakan pembayaran tunai, pastikan Anda menagih pembayarannya sesuai dengan tarif yang tertera.

#10. Sebelum menyelesaikan orderan, langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah memberikan ulasan kepada pelanggan tentang pengalaman Anda dalam menjalankan orderan GrabMart.

11 Cara Mudah Menjalankan Order GrabMart Terbaru

#11. Setelah semua selesai, berarti Anda sudah berhasil menyelesaikan order GrabMart. Pemotongan komisi 20% akan terpotong secara otomatis di saldo Dompet Kredit beserta nominal pembelian produk di GrabMart jika pelanggan menggunakan uang tunai.

Sedangkan jika pelanggan membayar dengan Non Tunai, pembayaran pelanggan akan ditranfer ke Dompet Tunai di aplikasi Grab Anda.

Nah begitulah langkah-langkah menjalankan order GrabMart. Semoga artikel ini bisa membantu Anda terutama bagi driver Grab baru dalam menjalankan orderan GrabMart. Terima kasih sudah membaca.

2 pemikiran pada “11 Cara Mudah Menjalankan Order GrabMart Terbaru

  1. Bang grab mart gua kan gak autobid layanan yg lain autobid semua cara nya agar di jadiin autobid gmn ya ? Soal gua udh chat di pusat bantuan 2 kali gk ada jawabannya

    1. mungkin di kota mas nya layanan Grabmart belum masuk
      coba lihat ke driver lain di kotanya mas
      kalau emang sudah aktif, ada baiknya ke kantor untuk keterangan lebih lanjut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *