Skip to main content
Pelanggaran driver gojek

Beberapa Pelanggaran Driver Go-Jek Mulai Dari Suspen Hingga Berujung Putus Mitra

Segala hal di dunia ini selalu diciptakan berpasangan, ada laki-laki ada perempuan, ada yang muda ada yang tua, ada si kaya ada si miskin, ada yang baik dan ada juga yang jahat. Sama halnya dengan driver gojek, tidak selalu driver gojek itu baik dan ramah, ada juga yang curang dan nakal.

Namun kecurangan dan pelanggaran driver, tentu akan ditindak tegas oleh penyedia layanan. Tindakan tegas itu bisa berupa hukuman suspen hingga berujung pemutusan mitra kerja.

Untuk mengetahui lebih dalam, driver harus memahami beberapa contoh kesalahan yang harus dihindari selama menjalankan orderan.

Berikut penjelasan tentang pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh driver beserta hukuman atau sanksi yang diterima oleh driver yang dibagi menjadi 3 jenis pelanggaran yang sering disebut 3 pilar pelanggaran Go-jek.

3 Pilar Pelanggaran Driver Go-Jek

3 Pilar Pelanggaran Driver Go-Jek

1. Ancaman Keamanan

Pelanggaran ini bersifat mengancam keselamatan mitra dan pelanggan aplikasi. Seperti melanggar lalu lintas, mengganggu privasi pelanggan dan melakukan tindakan kriminal. Sanksi yang diberikan cukup beragam, tergantung beratnya pelanggaran yang dilakukan oleh seorang driver.

Misalnya, melanggar lalu lintas atau berkendara ugal-ugalan, tentu server atau penyedia aplikasi tidak akan tahu kinerja drivernya secara langsung, namun penyedia akan tahu dari laporan yang diterima dari aplikasi costumer yang merasa kecewa dengan pelayanan mitra Go-Jek.

Hukumannya masih ringan dengan sanksi suspen selama 1 hari kerja. Selain pelanggaran lalu lintas, laporan beda nopol pada plat kendaraan driver juga akan kena sanksi tersebut, bahkan driver harus segera mengupdate STNK yang sesuai nopol agar bisa bekerja kembali.

Untuk sanksi beratnya berupa pemutusan mitra, driver melakukan kesalahan fatal yang membahayakan pelanggan. Seperti kecelakaan kerena kelalaian driver, mengemudi dalam keadaan mabuk, melakukan kekerasan, pelecehan, dan hal yang merugikan pelanggan.

Baca :  Pengalaman Driver Yang Putus Mitra Hanya Dalam Kurun Waktu 3 Jam

2. Tindakan Curang

Segala bentuk kecurangan driver dengan memanipulasi orderan untuk memperkaya diri. Misalnya melakukan order fiktif, meminta pembayaran lebih dan mengunakan aplikasi tambahan yang dilarang oleh penyedia aplikasi.

Sanksi suspen 1-3 hari masih berlaku pada pelanggaran dengan laporan pengembalian kurang atau memasukkan harga yang tidak sesuai dengan struk belanja. Namun jika sengaja menyelesaikan orderan tanpa mengantar makanan atau menjemput pelanggan, yang mana pelanggan membayar dengan Gopay, bisa berujung dengan pemutusan mitra dan denda Rp. 300.000.

Penggunaan aplikasi tambahan semisal fake GPS juga kan dikenai sanksi pemutusan mitra jika terbukti. Order fiktif atau membuat order sendiri untuk diri sendiri juga akan berakibat fatal dengan sanksi pemutusan mitra serta denda Rp. 300.000 .

 3. Pelayanan Driver Yang Buruk

Pelanggaran ini bersifat tentang pelayanan driver yang buruk sehingga pelanggan merasa kecewa dan memberi penilaian buruk pada driver (Bad Comment). Misalnya sikap driver yang kurang sopan, berbicara kasar, mengancam dan lain sebagainya.

Sanksi peringatan dan suspen 1 hari kerja masih berlaku pada pelanggaran driver yang tidak menawarkan perlengkapan Go-Ride seperti helm, masker dan penutup kepala. Selain itu sengaja menyebabkan keterlambatan pelanggan juga termasuk pelanggaran ini.

Sedangkan pelanggaran hingga putus mitra bisa berlaku bagi driver yang menurunkan pelanggan tidak sesuai dengan lokasi yang dituju tanpa seizin pelanggan. Berbicara kepada pelanggan diluar standart pelayanan serta merokok saat berkendara.

Begitulah gambaran umum pelanggaran yang wajib dihindari seorang driver agar tidak kena sanksi. Perlu diingat kembali bahwa pendaftaran Go-Jek itu sekali seumur hidup, jika sudah putus mitra, tidak ada jalan untuk kembali.

Jadi bijaklah dalam memberikan pelayanan yang terbaik sebagai driver.

Baca :  Ketahuilah 7 Faktor Penyebab Akun Gojek Anda Menjadi Gagu 2019

Salam satu aspal

Share This :

One thought to “Beberapa Pelanggaran Driver Go-Jek Mulai Dari Suspen Hingga Berujung Putus Mitra”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *