Skip to main content
4 Fitur Aplikasi Grab Driver Yang Tidak Ada di Aplikasi Gojek Driver

4 Fitur Aplikasi Grab Driver Yang Tidak Ada di Aplikasi Gojek Driver

Siapa yang tidak tahu persaingan sengit antara Gojek dan Grab sebagai layanan berbagi tumpangan (ride hailing) sudah lama terjadi sejak kemunculan Gojek pada tahun 2010 dan disusul Grab dua tahun kemudian. Keduanya bersaing untuk menjadi aplikasi penyedia transportasi online terbaik di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, persaingan Gojek dan Grab tidak hanya sekedar aplikasi yang menawarkan jasa transportasi saja, melainkan persaingannya kini lebih mengarah untuk menjadi super app di kawasan Asia Tenggara.

Dengan inovasi bisnis, kedua platform tersebut memberikan terobosan-terobosan baru dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Seperti menambahkan layanan pesan makanan, antar paket dan juga tentang pembayaran digital. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagaimana dengan aplikasi driver?

Lebih bagus mana aplikasi Grab driver atau aplikasi Gojek Driver?

Jika pertanyaannya tentang “lebih bagus aplikasi mana?”, tentu jawabannya tergantung dari sudut pandang masing-masing.

Bagi driver Gojek mungkin akan beranggapan bahwa aplikasi Gojek driver lebih nyaman. Sedangkan bagi driver Grab akan berpikir sebaliknya. Yang jelas, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun jika dilihat dari segi fitur aplikasi, ada beberapa fitur di Grab driver yang tidak ada di aplikasi Gojek driver. Menurut Gojekblog, fitur di Grab ini sangat menarik dan sepertinya sangat bermanfaat sekali bagi mitra drivernya.

Fitur tersebut antara lain :

4 Fitur Aplikasi Grab Driver Yang Tidak Ada di Aplikasi Gojek Driver

#1. Fitur Tujuan Saya

Fitur Tujuan Saya merupakan fitur yang memungkinkan driver untuk request order dengan tujuan yang sudah ditentukan.

Misalnya saja mitra driver selesai mengantarkan pelanggan ke luar kota dan hendak kembali lagi ke kota asalnya. Jika aplikasi di aktifkan, potensi mendapatkan order juga besar. Namun dia tidak ingin mendapat orderan di kota tersebut yang nantinya membuat posisinya menjauh dari kota asalnya. Sedangkan jika aplikasi dimatikan, akhirnya dia hanya kembali ke tempat asal tanpa mendapatkan tambahan pendapatan.

Penjelasan Kegunaan Fitur di Aplikasi Grab Driver 2020

Dengan mengaktifkan fitur Tujuan Saya, mitra driver bisa request order yang searah dengan tujuannya kembali ke kota asal. Dengan begitu driver bisa kembali ke tempat asal, syukur-syukur mendapat order yang searah.

Baca :  5 Cara Mudah Top Up Saldo Grab Driver Terbaru 2020

#2. Telepon Gratis Ke Pelanggan

Gojek dan Grab sama-sama memberikan fitur chat di aplikasinya agar memudahkan pelanggan dan mitra driver dalam berkomunikasi. Hal ini sangat berguna dalam penentuan lokasi titik jemput maupun konfirmasi pesanan yang diminta.

Namun Grab memberikan fitur Free Call di aplikasi untuk menghubungkan pelanggan dan mitra driver melalui panggilan berbasis internet. Fitur ini memungkinkan para mitra driver untuk menghubungi pelanggan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya pulsa.

#3. Riwayat Pendapatan Hingga 3 Bulan Terakhir

Perhitungan pendapatan perhari merupakan fitur yang cukup menarik bagi driver. Selain bisa melihat penghasilan tiap harinya, juga dengan perhitungan tersebut driver bisa mengira-ngira dan mengatur keuangan serta pengeluaran dengan bijak.    

Gojek dan Grab sama-sama memiliki fitur tersebut. Namun yang membedakan keduanya, Grab memberikan fitur riwayat pendapatan yang bisa dilihat sampai 3 bulan ke belakang. Sedangkan di Gojek, riwayat pendapatan hanya bisa dilihat selama seminggu ke belakang.

#4. Setting Nonaktifkan Layanan Tertentu

Yang paling menarik di aplikasi Grab driver adalah adanya fitur nonaktifkan layanan tertentu. Seperti menonaktifkan layanan GrabBike yang berarti mitra driver hanya akan mendapatkan orderan GrabFood dan GrabExpress saja.

Hal ini sangat menguntungkan bagi driver yang hanya menginginkan menerima satu layanan saja. Dengan berstrategi mengincar orderan GrabFood yang memiliki nilai berlian yang lebih besar, memungkinkan mitra driver bisa mencapai misi insentif harian lebih cepat.

Selain itu, pengaturan seperti ini juga sangat berguna di hari dengan cuaca hujan. Misalnya saja driver tidak membawa dua jas hujan, menonaktifkan layanan GrabBike merupakan cara terbaik untuk menghindari pembatalan order dan turunnya nilai penyelesaian.

Penjelasan Kegunaan Fitur di Aplikasi Grab Driver 2020

Selepas 4 fitur aplikasi Grab driver yang sudah Gojekblog uraikan di atas, tidak ada pilihan yang terbaik antara aplikasi Grab driver maupun aplikasi Gojek driver. Keduanya pasti memiliki keunggulan masing-masing.

Baca :  Melirik Modal Awal Yang Disiapkan Driver Gojek Setiap Harinya

Yang perlu ditekankan adalah bagaimana memanfaatkan fitur dimasing-masing aplikasi (Gojek Driver maupun Grab driver) agar mendapatkan hasil (pendapatan) yang maksimal tiap harinya.

Kalau menurut Anda? Fitur mana yang Anda sukai antara aplikasi Gojek driver atau Aplikasi Grab Driver?

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *