Skip to main content
Driver Grab

Ketahuilah 5 Faktor Penyebab Akun Grab Driver Anda Sulit Dapat Order Atau Gagu

Akun Grab Gagu – Pendapatan mitra driver Grab memang jauh menurun seiring turunnya jumlah orderan di era pandemi seperti sekarang.

Selain itu, diberlakukannya skema berlian yang baru “Pay per Gems” dan skema insentif harian juga ikut andil hilangnya bonus yang selama ini sangat diidam-idamkan oleh mitra driver.

Persaingan antar driver untuk mendapatkan hasil yang maksimal jadi semakin menarik. Hal ini disebabkan adanya kuantitas orderan yang menurun sedangkan jumlah mitra driver tetap seperti sebelumnya. Sehingga muncul lah sebutan akun gacor dan akun gagu dikalangan mitra driver Grab.

Akun gacor merupakan sebutan mitra driver yang sangat sering mendapatkan orderan dengan jeda waktu yang singkat antara orderan pertama dengan orderan selanjutnya. Sedangkan akun gagu merupakan sebutan mitra yang sangat sulit mendapatkan orderan hingga hitungan jam.

Sebenarnya fenomena akun Grab gagu merupakan hal lumrah di kalangan ojek online. Hampir semua mitra juga pernah mengalaminya. Penyebabnya pun beragam dan banyak faktor yang mempengaruhi akun Grab menjadi gagu.

5 Faktor Penyebab Akun Grab Driver Anda Sulit Dapat Order Atau Gagu

Driver Grab

Untuk mengatasi akun Grab yang gagu menjadi normal kembali hingga menjadi gacor juga butuh proses. Tidak ada yang instan. Mitra perlu untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, baru bisa mengatasinya secara bertahap.

Dengan memahami faktor-faktor penyebab akun Grab gagu, bisa menjadi langkah awal dalam menyembuhkan akun Grab. Juga sebagai pengingat agar tidak terulang kembali nantinya.

1. Sering Cancel Order Dan Mengabaikan Order

Penyebab akun Grab gagu yang paling utama adalah seringnya cancel orderan maupun order terabaikan. Pilih-pilih order merupakan faktor yang sering kali menjadi alasan utama seorang driver melakukan cancel order maupun mengabaikan orderan yang masuk.

Hal ini sangat berpengaruh bagi kesehatan akun Grab Anda. Tidak hanya berdampak pada turunnya performa nilai penyelesaian saja, namun juga berdampak pada sulitnya mendapatkan orderan setelahnya.

Kemungkinan besar disaat mitra melakukan cancel order maupun mengabaikan order yang masuk, sistem Grab akan membaca kinerja mitra. Sehingga untuk orderan selanjutnya, sistem akan mengabaikan akun driver Anda.

Jadi bijaklah dalam onbid. Jika memang belum siap berkendara sebaiknya jangan aktifkan dulu aplikasi drivernya. Selalu aktifkan fitur autobid agar tidak terjadi lost order yang Anda tidak ketahui.

Hindari cancel order sebisa mungkin dengan menjalankan semua type orderan yang masuk. Enaknya di Grab, Anda bisa tentukan sendiri type layanan order mana yang Anda inginkan. Anda bisa mematikan type orderan yang Anda tidak sukai.

Namun dengan mematikan satu atau dua layanan order, berarti potensi Anda mendapatkan orderan juga makin kecil.

Baca :  Cara Install dan Daftar Akun Gojek Customer Terbaru

Lakukan cancel order iika memang keadaan mengharuskan Anda untuk cancel order. Misalnya dalam keadaan resto GrabFood atau GrabMart tutup, Anda tidak menjumpai pelanggan GrabBike atau GrabExpress di lokasi titik jemput dan keadaan order fiktif.

Namun untuk melakukan cancel order seperti itu, sebaiknya Anda melakukan sesuai prosedur. Misalnya dalam keadaan tidak menjumpai pelanggan GrabBike di lokasi jemput. Tunggulah hingga 10 menit terlebih dahulu baru lakukan cancel dengan alasan yang tepat.

Cancel order resto tutup juga demikian. Anda harus berada di lokasi terlebih dahulu dan melakukan konfirmasi keapda pelanggan bahwasannya restonya tutup. Setelah itu Anda bisa cancel orderan dengan memilih pilihan reto tutup dengan foto reto tersebut.

2. Dapat Rating Dan Bad Komentar Dari Pelanggan

Penyelesaian order dengan pelayanan yang baik akan berdampak baik pula pada rating akun Grab Anda. Terlebih jika pelanggan memberikan riview dan komentar baik tentang pelayanan Anda.

Semakin bagus rating akun Grab Anda, maka sistem Grab akan merekomendasikan akun Anda dalam mendapatkan orderan.

Dan juga sebaliknya.

Jika Anda pernah mendapatkan rating dan riview buruk dari pelanggan, kemungkinan besar itulah faktor yang membuat akun Grab Anda menjadi gagu.

Untuk mengatasi akun gagu yang disebabkan oleh rating dan komentar buruk dari pelanggan. Anda harus bersabar dalam memperbaikinya.

Lakukanlah pelayanan yang baik untuk order selanjutnya. Memang butuh proses yang tidak sebentar, namun keadaan ini akan berangsur-angsur membaik dengan banyaknya rating bagus dari orderan selanjutnya.

3. Konektifitas Jaringan Internet Buruk

Jika Anda merasa tidak pernah cancel order dan rating dari pelanggan sejauh ini tidak ada yang buruk. Namun tetap saja akun Grab Anda masih saja gagu dan sulit mendapatkan order tiap hari. Coba cek konektifitas jaringan internet di smartphone Anda?

Anda harus pahami bahwa Grab merupakan transportasi daring. Yang mana semua kegiatan di sistem Grab dilakukan secara online dengan koneksi internet. Jadi bisa dikatakan bahwa masuk tidaknya orderan ke akun Grab Anda, juga bisa dipengaruhi oleh koneksi internet yang baik di smartphone Anda.

Yang harus Anda lakukan adalah dengan memperhatikan koneksi jaringan sebagai senjata utama dalam onbid tiap hari.

Anda bisa mengusahakan dengan menggunakan Mifi atau Wifi untuk memperkuat sinyal internet di smartphone Anda. Pastikan juga kalau provider untuk jaringan internet Anda itu merupakan provider terbaik untuk koneksi internet di daerah Anda.

Selain itu, hindari berada di dekat gedung-gedung tinggi yang dapat menghalangi jaringan internet Anda.

Carilah basecamp atau tempat mangkal yang sekiranya tidak terhalang oleh tembok tinggi, gedung tinggi maupun pohon besar. Sehingga sinyal dari pemancar akan langsung memantul lurus ke smartphone Anda.

Baca :  Cara Install dan Daftar Akun Gojek Customer Terbaru

Sebenarnya Anda bisa kok cek kekuatan sinyal melalui smartphone Anda tanpa aplikasi. Caranya dengan cek setting – tentang ponsel – jaringan seluler. Kekuatan sinyal yang baik itu berkisar antara -100 dBm hingga -80 dBm

Dengan melihat hal tersebut, Anda bisa cari lokasi dengan tingkat jaringan yang tinggi beserta tingkat keramaian order.

4. Berada di Lokasi Yang Sedikit Orderan

grab driver
Image by : kabar24.bisnis.com

Jika konektifitas internet Anda sudah cukup baik dan stabil, coba cek juga seberapa banyak orderan disekitar lokasi Anda berada. Tidak hanya konektifitas internet saja yang harus baik, namun Anda juga harus pilih-pilih tempat mangkal yang sekiranya banyak orderan di sekitar lokasi tersebut.

Jika tidak, bisa saja akun Grab Anda itu gagu dikarenakan memang tidak ada orderan di lokasi tersebut.

Carilah lokasi yang ramai order agar potensi mendapatkan orderan semakin besar. Terlebih lagi jika Anda menemukan spot yang ramai order dengan kuantitas persaingan mitra driver yang sedikit.

5. Faktor Lain Yang Mempengaruhi Akun Grab Gagu

Selain 4 faktor penyebab akun Grab gagu di atas, ada beberapa faktor lain yang cukup berpengaruh terhadap sulitnya mendapatkan order. Misalnya minimnya saldo dompet kredit di akun Grab Anda di bawah nominal 10.000.

Dengan saldo kredit sejumlah nominal tersebut, akun Grab Anda akan sulit untuk mendapatkan orderan terutama orderan GrabFood dan GrabMart.

Selain itu, penyebab gagu yang lainnya adalah dengan berkumpul sesama mitra driver yang notabennya menjadi akun gacor.

Kegagalan sistem di aplikasi juga bisa berpengaruh, misalnya ada bug di aplikasi yang membuat akun Grab Anda sulit mendapatkan order. Jadi sekiranya sebelum onbid, pastikan aplikasi Grab driver di smartphone Anda sudah update ke versi yang paling baru.

Dan faktor terakhir adalah riwayat kinerja driver. Jika Anda jarang onbid atau jarak aktif ngebid, maka bisa jadi itulah yang menyebabkan akun Grab Anda menjadi gagu. Jika sudah demikian, Anda harus perbaiki itu dengan lebih aktif onbid lagi secara berkala.

Dengan mengetahui berbagai macam faktor yang menyebabkan akun Grab gagu di atas. Anda bisa mensiasati agar akun Grab Anda terhindar dari akun gagu. Kalau menurut tim Gojekblog, hal yang paling penting adalah jangan cancel order.

Tanpa harus setting perangkat maupun setting aplikasi biar gacor, kalau kinerja Anda selalu menjalankan semua orderan dengan baik tanpa cancel order secara continue. Bisa dipastikan kalau akun Anda akan membaik secara bertahap hingga menajdi akun gacor.

Selamat mencoba.

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *