Skip to main content
faktor Penyebab akun gojek gagu

Ketahuilah 7 Faktor Penyebab Akun Gojek Anda Menjadi Gagu 2019

Akun Anda Gagu?

Pasti Anda kesal ketika sedang on-bid di tempat yang biasanya rame orderan, namun Anda belum dapat orderan sama sekali. Padahal sudah menunggu 1 jam hingga 2 jam, akan tetapi teman-teman Anda yang malah berkali-kali mendapatkan orderan.

Dengan perubahan algoritma sistem Gojek, yang mana tidak selalu driver yang dekat dengan resto atau customer yang akan mendapatkan orderan. Kini sistem membaca secara acak driver mana yang akan mendapatkan orderan.

Meskipun sistem memberikan secara acak, namun ada saja beberapa akun yang sulit sekali mendapatkan orderan tiap harinya. Beberapa driver menyebutnya akun Gojek Gagu. Disebut akun gagu dikarenakan akun tersebut sulit sekali berbunyi oleh orderan masuk.

Namun bukan berarti akun gagu ini akan selamanya, beberapa pengalaman driver yang pernah mengalaminya, ada jeda beberapa hari bahkan seminggu untuk memulihkan kondisi akunnya menjadi seperti semula.

Akun yang tadinya gacor kemudian menjadi gagu bukan tanpa sebab, banyak faktor yang mempengaruhi akun menjadi gagu. Agar tidak sampai terjadi seperti itu, ketahulah 7 faktor penyebab akun Gojek menjadi gagu.

7 Faktor Penyebab Akun Gojek Anda Menjadi GAGU

faktor Penyebab akun gojek gagu

1. Akun Gagu Karena Lama Tidak Pernah Aktif

Pekerjaan menjadi ojek online memang bukan pekerjaan yang tiap hari harus terus on-bid. Terkadang ada juga yang menjadikan pekerjaan ojek online ini cuma sebatas pekerjaan sampingan.

Selain itu, ada juga yang menjadikan pekerjaan ini sebagai selingan (hiburan)sembari menunggu pekerjaan tetap di suatu perusahaan. Setelah mendapatkan pekerjaan yang didambakan, kemudian akunnya tidak pernah di aktifkan kembali hingga 2 bulan misalnya.

Karena lama tidak pernah aktif, kemudian diaktifkan kembali, biasanya akun seperti ini akan sulit mendapatkan order.

Algoritma Gojek yang sekarang, tidak selalu membaca siapa driver yang terdekat akan mendapatkan orderan. Justru dari pengamatan Gojekblog, driver yang sering aktif akan berpotensi lebih banyak mendapatkan orderan.

Begitupun sebaliknya? Akun driver yang sudah lama tak pernah aktif berpotensi akan sulit mendapatkan orderan, dengan kata lain akun menjadi gagu.

2. Akun Gagu Disebabkan Riwayat Sanksi Suspen

Beberapa pengalaman teman driver mengatakan bahwa akun Gojeknya menjadi gagu setelah open suspen. Karena pelanggaran yang dilakukan, driver tersebut terkena sanksi dan harus banding ke kantor Gojek. Setelah mendapat peringatan dari kantor, akhirnya akunnya dibebaskan dari pelanggaran yang dituduhkan.

Baca :  4 Langkah Mudah Hapus Akun Go-Jek Customer Selamanya

Namun setelah open suspen, yang tadinya akunnya sering mendapatkan orderan, malah hanya mendapat 1 sampai 2 orderan setelah menunggu seharian. Keadaan ini berlangsung beberapa hari hingga seminggu lebih.

3. Akun Gagu Disebabkan Dapat Bad Koment dan Rating Buruk Dari Customer

Penyelesaian order yang baik akan berdampak pada rating driver yang baik juga, terlebih jika customer memberikan komentar yang baik tentang pelayanan si driver. Semakin bagus rating driver, sistem akan merekomendasikan driver tersebut untuk lebih sering mendapatkan orderan.

Bagaimana kalau bad komen serta rating buruk dari customer?

Beberapa driver pernah membuktikan bahwa rating dan komentar dari customer sangat berimbas pada driver. Akibat rating bintang satu dan bad komen, membuat rating keseluruan driver menjadi 4,2. Efeknya akun menjadi gagu seketika.

4. Akun Gagu Karena Sering Cancel Orderan

faktor Penyebab akun gojek gagu

Algoritma sistem Gojek sekarang lebih mengutamakan driver dengan riwayat penyelesaian order yang baik serta keaktifan driver tiap harinya.

Jika Anda sering cancel orderan yang masuk, entah itu karena kejauhan atau alasan lain, bisa dipastikan Anda akan mendapatkan dampaknya.

Dampaknya bisa saja Anda akan kesulitan mendapatkan orderan dihari yang sama, namun bisa juga dampak sering cancel order berimbas pada hari esoknya. Yang jelas, sering cancel order akan sangat berpengaruh pada gagunya akun Anda.

5. Akun Gagu Karena Seringnya Performa Turun Dibawah 70% Tiap Hari

Tidak hanya cancel orderan, sering mengabaikan atau loss order juga bisa mempengaruhi akun Anda menjadi gagu. Loss order atau mengabaikan order yang masuk memang tidak akan berdampak pada riwayat order, namun loss order akan menurunkan performa tiap harinya.

Beberapa driver pernah mengalami akunnya gagu disebabkan seringnya loss order hingga performa hariannya turun hingga dibawah 60% selama beberapa hari.

Agar tidak terjadi hal seperti itu, jika memang tidak 100% siap menerima order, lebih baik aplikasi di non aktifkan. Aktifkan kembali jika sudah siap menerima order, dan jangan lupa pakai “Autobid” agar loss order tidak terjadi lagi.

Baca :  Biar Tidak Rugi, Driver Harus Waspada Pada Penipuan Mengatasnamakan Go-Jek

6. Akun Gagu Karena Konektifitas Internet Buruk

Padahal sudah onbid tiap hari, tidak pernah dapat bad komen dan rating, serta tidak pernah terkena notif suspen. Namun tetap saja sulit sekali mendapatkan order tiap hari. Kadang hal seperti ini yang membuat binggung.

Jika semua kemungkinan faktor penyebab gagu sebelumnya tidak pernah terjadi, namun akun masih gagu. Coba periksa koneksi jaringan internet Anda. Bisa jadi susahnya mendapat orderan dikarenakan kondisi intenet Anda buruk.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa coba dengan mengganti smartphone lain. Atau Anda bisa meningkatkan koneksi jaringan dengan mengoptimalkan jaringan LTE , pernah Gojekblog bahas sebelumnya.

Kalau menggunakan smartphone baru membuat akun Anda lebih sering mendapat orderan, berarti yang menjadi kendala utamanya adalah konektifitas jaringan internet di smartphone Anda.

7. Akun Gagu Karena Berkumpul Dengan Akun Gojek Lain Yang Lebih Gacor

Ojek online tidak harus mangkal di jalanan
Image by : benernews.org

Setiap driver memiliki strategi sendiri-sendiri untuk persaingan mendapatkan orderan. Ada yang menguatkan sinyal dengan menggunakan Mifi atau Wifi, ada juga yang membeli handphone dengan spesifikasi tinggi, dan lain sebagainya.

Sebenarnya ini bukan karena akunnya yang gagu, namun hal ini yang sering dialami oleh beberapa driver. Berkumpul di basecamp itu untuk meningkatkan solidaritas, namun karena banyaknya driver dalam satu wadah, bisa saja beberapa driver yang lebih unggul dalam mendapatkan orderan dibanding lainnya.

Terlebih jika berkumpul dengan akun gojek lain yang jauh lebih gacor karena riwayatnya bagus, rating serta keaktifan yang jauh lebih unggul. Pada akhirnya ada satu atau dua driver yang akan kalah dalam perebutan orderan.

Bukan karena akunnya, melainkan salah menempatkan diri dalam wadah yang dipenuhi akun Gojek yang sedang “Gacor-gacor”nya. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya hindari berkumpul dengan banyak driver, terlebih kondisi akun Anda tidak terlalu sering mendapatkan orderan.

Akun gagu memang sangat menyebalkan, namun Anda harus bersabar dan terus semangat dalam membangun riwayat akun Anda agar tidak gagu lagi. Anda bisa membaca tips ini agar akun gagu Anda menjadi gacor lagi.

Dan satu hal, pahami 7 faktor penyebab akun Anda menjadi gagu. Dengan memahami faktor-faktornya, Anda akan menemukan cara untuk memperbaiki sehingga akun Anda menjadi normal dan sering mendapat orderan lagi

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *