Skip to main content
9 Cara Mudah Menjalankan Order GrabExpress Terbaru

9 Cara Mudah Menjalankan Order GrabExpress Terbaru 2020

GrabExpress – Perlu diketahui bagi mitra driver Grab yang masih baru bahwa terdapat 4 layanan bagi driver Grab roda dua. Yakni GrabBike, GrabFood, GrabMart dan GrabExpress.

Sebelumnya Gojekblog sudah membahas cara menjalankan order GrabBike dan GrabFood, yang mana GrabBike merupakan layanan Grab untuk antar jemput pelanggan. Sedangkan GrabFood merupakan layanan membelikan makanan di restorant yang sudah terdaftar di Grab.

GrabExpress merupakan layanan Grab untuk kirim paket atau barang dengan cepat. Terdapat tiga jenis GrabExpress yakni GrabExpress instan car, GrabExpress instan bike, dan Same day bike.

Namun yang harus dipahami oleh driver Grab khususnya roda dua adalah cara menjalankan order GrabExpress sesuai prosedur. Dalam GrabExpress Instan bike terdapat dua kategori lagi, yakni GrabExpress biasa dan Grab Express e-Commerce.

Perbedaannya hanya pada pelanggan memesan layanan meggunakan aplikasi Grab ataupun melalui e-Commerce seperti Tokopedia, Shopee, Blibli maupun Bukalapak. Sedangkan cara menjalankan orderannya bagi driver kurang lebih sama caranya.

Secara umum, proses pengerjaan order GrabExpress sedikit lebih ribet dari pada proses di aplikasi lain semacam GoSend maupun NuFast. Maka dari itu, jika Anda masih baru menjadi driver Grab, sebaiknya Anda harus belajar dan bertanya kepada driver yang sudah lama.

Selain agar tidak terjadi kesalahan prosedural yang dapat membuat pelanggan kecewa. Juga agar Anda terhindar dari kesalahan fatal yang bisa berujung pembekuan akun, suspen ataupun hingga putus mitra.

Untuk itu, tim Gojekblog ingin share bagaimana sih cara menjalankan order GrabExpress agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Berikut tutorial lengkapnya :

Langkah-Langkah Cara Menjalankan Orderan GrabExpress

1. Langkah pertama, pastikan aplikasi Grab driver Anda dalam keadaan ON (aktif) dan status tombol idle juga berwarna hijau.

Pastikan juga bahwa Anda fitur Autobid di aplikasi Grab Anda aktif untuk memudahkan Anda menerima orderan secara otomatis. Untuk layanan GrabExpress sendiri sudah otomatis aktif dan Anda sendiri tidak bisa mematikan layanan ini seperti layanan GrabFood maupun GrabBike.

Baca :  4 Fitur Aplikasi Grab Driver Yang Tidak Ada di Aplikasi Gojek Driver

2. Jika Anda mendapat orderan, pastikan Anda terlebih dahulu membaca informasi orderan apa yang Anda dapatkan. Orderan GrabExpress berarti tugas Anda adalah menjemput paket di lokasi pengirim dan mengantarkannya ke lokasi penerima.

9 Cara Mudah Menjalankan Order GrabExpress Terbaru

Pada peta, tanda bulat berwarna hijau dengan nomor 1 merupakan lokasi pengirim yang akan dituju. Sedangkan tanda bulat berwarna merah dengan nomor 2, merupakan lokasi penerima paket berada.

Anda bisa pilih “Rincian pengantaran” untuk melihat detail dari alamat beserta nomor handphone pengirim paket dan penerima paket.

3. Hal pertama yang Anda harus pastikan adalah mengkonfirmasi alamat pengirim sudah benar atau tidak. Anda bisa menanyakan melalui fitur chat maupun langsung telepon. Jika sudah benar, segeralah menuju titik lokasi jemput paket.

4. jika sudah sampai lokasi Jemput, pilih pilihan “Saya Sudah Sampai”. Kemudian infokan kepada pengirim bahwa memang benar si pengirim menggunakan nama yang tertera di aplikasi.

9 Cara Mudah Menjalankan Order GrabExpress Terbaru

Jika memang bertemu dengan pengirimnya secara langsung, pilih “Pengirimnya benar”. Namun jika bertemu perwakilan misalnya kalau pelanggan yang order menggunakan nama yang sama sebagai penerima dan pengirim. Anda bisa memilih “Bertemu Perwakilan”.

Informasikan juga kepada pengirim bahwa ukuran paket maksimal berdimensi 50 cm x 50 cm x 50 cm dengan berat maksimal 15 kg. Pilih “Ya, Barangnya Oke” jika paket tidak melebihi batasan prosedur dari Grab.

Kalaupun paket melebihi batasan, Anda bisa memilih “Ada Masalah dengan Barang” untuk membatalkan pesanan Grab dengan benar. Dengan begitu pembatalan yang dilakukan seperti itu tidak akan mempengaruhi performa penyelesaian harian Anda.

5. Langkah selanjutnya adalah foto paket beserta pengirim yang memegang paket melalui laman foto barang. Pastikan foto barang terlihat jelas, misalnya kalau ada nomor pengirimannya, Anda bisa menfokuskan kepada nomor tersebut.

Baca :  Driver Wajib Tahu Cara Cancel Orderan Grab Agar Performa Penyelesaian Aman

6. Jika konfirmasi paket sudah selesai, laman pada aplikasi akan menujukkan rute menuju lokasi penerima. Sebelum berangkat, pastikan pula penerima ada ditempat lokasi dengan cara telepon terlebih dahulu dan menginformasikan bahwa Anda dalam perjalanan menuju ke lokasi antar.

9 Cara Mudah Menjalankan Order GrabExpress Terbaru

7. Pilih “Saya Sudah Sampai” jika sudah berada di lokasi antar. Pastikan bahwa penerimanya adalah benar dengan menginformasikan nama penerima sesuai dengan nama yang tertera di aplikasi.

Jika penerima merupakan perwakilan dari nama yang tertera, Anda bisa pilih “Bertemu Perwakilan” kemudian foto penerima yang memegang paket di laman foto barang. Usahakan jika di awal tadi Anda foto paket yang ada nomor paketnya, maka untuk foto saat antar barang juga fokuskan pada nomor paket.

8. Setelah konfirmasi foto penerima, pada laman “Ringkasan Pendapatan” Anda bisa mengetahui total pendapatan yang Anda dapatkan. Jika pelanggan menggunakan pembayaran nontunai, berarti Anda tidak perlu menagih tarif jasa antar paketnya lagi.

9 Cara Mudah Menjalankan Order GrabExpress Terbaru

9. Dan terakhir pastikan Anda memebri ulasan kepada pelanggan dengan memberi bintang pada orderan kali ini. Bintang 5 menandakan Anda senang dalam orderan ini, namun jika Anda menemukan masalah misalnya lokasi tidak sesuai di aplikasi, Anda bisa memberikan bintang 3 dan memberi alasan sesuai kendala Anda.

Nah begitulah langkah-langkah menjalankan order GrabExpress. Semoga artikel ini bisa membantu Anda terutama bagi driver Grab baru dalam menjalankan orderan GrabExpress. Terima kasih sudah membaca.

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *