Skip to main content
Cara Mudah Aktivasi OVO dan Top Up OVO Pada Aplikasi Grab

Cara Mudah Aktivasi OVO dan Top Up OVO Pada Aplikasi Grab

Fintech yang berasal dari kata “Finansial” dan “Technology”, yang sama artinya dengan sebuah inovasi dibidang jasa keuangan. Fintech dikembangkan agar memberikan kemudahan dalam bidang finansial yang tidak dapat dijalankan oleh sistem keuangan konvensional.

Layanan yang ditawarkan fintech terbagi ke dalam sejumlah kategori, di antaranya adalah payment gateway (pembayaran), e-commerce (aktivitas jual-beli), investasi, serta crowd-funding (pembiayaan massal).

Yang paling menonjol perkembangannya di Indonesia  adalah dibidang pembayaran elektrik atau non tunai. Selain praktis, sistem cashless ini dinilai relatif lebih aman karena manusia tidak perlu membawa uang dengan jumlah yang besar saat sedang bepergian.

Jika di Go-jek kita dikenalkan GO-PAY sebagai sistem pembayaran non-tunai, Sedangkan di Grab, sejak satu tahun yang lalu sudah berkolaborasi dengan OVO sebagai sistem pembayarannya. Namun agar bisa terhubung antara aplikasi Grab dengan OVO, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu di aplikasi Grab Customer.

Karena akan sangat rugi jika Anda pengguna Grab, namun tidak mengaktifkan sistem pembayaran OVO ini. Sebab selain banyak promo dan potongan harga, banyak kemudahan lain saat sistem pembayaran OVO sudah diaktifkan di aplikasi Grab.

Untuk mengaktifkan OVO di aplikasi Grab, simak tutorial lengkap cara aktivasi dan top up saldo OVO di aplikasi Grab Customer.

Cara Aktivasi OVO Pada Aplikasi Grab

Untuk aktivasi Ovo di Grab, caranya sangatlah mudah. Langkah pertama dengan buka aplikasi Grab, jika Anda pengguna baru, sorot informasi paling teratas.

Cara Mudah Aktivasi OVO dan Top Up OVO Pada Aplikasi Grab

Terdapat penawaran buat Anda tentang metode pembayaran model baru di Grab. Pilih “Lihat Dong” untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Anda akan disajikan menu slide yang menjelaskan tentang berbagai hal yang Anda akan dapatkan jika mengaktifkan OVO di aplikasi Grab. Pilih “Aktifkan Sekarang

Cara Mudah Aktivasi OVO dan Top Up OVO Pada Aplikasi Grab

Langkah berikutnya, sistem akan mengirimkan 4 digit kode verifikasi ke nomer ponsel yang Anda daftarkan di aplikasi Grab. Masukkan 4 digit code OTP tersebut pada kolom, kemudian pilih “Berikutnya”.

Jika berhasil, Anda akan masuk pada panel OVO balance di aplikasi Grab. Dengan begitu aktivasi OVO di grab telah berhasil.

Baca :  Adanya 8 Fitur Ini GrabBike Dinilai Lebih Nyaman Dan Memberikan Kemudahan Bagi Pengguna

Keuntungan Menggunakan OVO di Aplikasi Grab

Sama seperti penggunaan GoPay di Gojek yang menawarkan kemudahan bertransaksi serta terdapat promo-promo menarik yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang mengggunakan metode pembayaran Gopay. Di Grab juga terdapat persamaan yang tidak jauh beda, diantaranya:

1. Promo Memikat

Tidak ada promo yang lebih gila dari promo OVO untuk Grab. Dari promo kemana saja pakai GrabCar hanya dengan 1 rupiah, dan juga cashback 50% di resto GrabFood membuat pengguna makin betah menggunakan pembayaran OVO sebagai transaksinya.

2. Transaksi Tanpa Ribet

Sama seperti media pembayaran non tunai lainnya, OVO pun menawarkan pembayaran yang lebih cepat dan praktis. Anda tak perlu pusing-pusing cari uang kecil untuk pembayaran dengan jumlah nominal kecil, karena dengan OVO semua itu bisa jadi mungkin. 

3. Ovo Point

OVO point adalah sebuah hadiah royalti yang akan Anda dapatkan disetiap kali Anda bertransaksi menggunakan OVO di berbagai merchant seperti Grab ini. Anda bisa membeli GrabFood atau pesan Grabbike, yang nantinya OVO poin bisa di konversikan menajdi rupiah. 1 Ovo poin senilai 1 rupiah.

Cara Top Up Saldo OVO Grab

Untuk melakukan isi ulang/Top Up saldo OVO Anda bisa melakukannya lewat beberapa cara. Terdapat 4 metode yang bisa Anda gunkan untuk top up saldo Ovo, diantaranya:

1. ATM & Internet Banking

Cara pertama adalah  top up melalui tranfer bank, baik melalui Atm, mobile banking ataupun internet banking. Anda bisa simak berbagai panduan lengkap top up melalui transfer bank di aplikasi Grab.

Anda bisa melihat tutorialnya dengan memilih “Isi Ulang” di menu beranda aplikasi. Selanjutnya pilih “ATM & Internet Banking”. Anda bisa cari panduan transfer sesuai rekening Bank yang Anda miliki.

Cara Mudah Aktivasi OVO dan Top Up OVO Pada Aplikasi Grab

2. Alfamart

Top Up via Alfamart adalah Top up OVO yang paling mudah menurut Gojekblog. Anda cukup membawa uang tunai ke kasir Alfamart, kemudian ajukan pembayaran top up OVO ke kasirnya.

Anda hanya diminta nomer rekening OVO yang tidak lain adalah nomer handphone Anda yang terdaftar di aplikasi Grab.

Baca :  Cara Install dan Daftar Akun Grab Customer Serta Penjelasan Fitur Terbaru 2019

3. Kartu Debit & e-Wallet

Untuk cara ini, mungkin akan sedikit ribet bagi yang masih awam. Kartu debit yang bisa dipakai untuk top up Ovo adalah Debit Bank Mandiri, Cimb Niaga, Bank Permata, Bank Mega, BNI, BTN, BRI, BTPN, DBS, Bank Danamon, Bank ODBC NISP, Citibank dan Bank Commonwealth.

Sebelumnya, Anda harus registerkan kartu debit Anda di aplikasi dengan memilih “Akun” kemudian pilih “Kartu Kamu”. Setelah itu pilih “Add payment Method” untuk menambahkan metode pembayaran di aplikasi Grab.

Cara Mudah Aktivasi OVO dan Top Up OVO Pada Aplikasi Grab

Anda bisa memasukkan kartu kredit/debit anda dengan mengisi rincian nomor yang tertera pada bagian depan kartu kredit/debit. Pada kolom CVV, tulis 3 digit angka yang tertera di belakang kartu. Pilih “Simpan” untuk memproses pengajuan. Masukkan kode OTP (One Time Password) untuk konfirmasi.

Untung langkah-langkah Top up saldo OVO, pilih pilihan “Isi Ulang” di menu beranda, kemudian “Kartu Debit &e-Wallet”. Pilih jumlah isi ulang yang Anda inginkan, kemudian pilihan kartu debit Anda yang sudah terdaftar. Jika saldo sudah muncul di balance Ovo, maka top up Anda via kartu Debit/Kredit berhasil.

 4. Top Up ke Pengemudi Grab

Selain Alfamart, Anda bisa isi ulang saldo OVO melalui driver Grab dengan membayar tunai. Syaratnya Anda dalam posisi on order dengan driver tersebut. Anda bisa pesan Grabbike ataupun Grabcar agar bisa meminta top up saldo OVO ke driver.

Sebelum meminta isi ulang pada driver, pastikan terlebih dulu apakah driver memiliki saldo OVO atau tidak. Jika ada, pada tampilan on order Grabbike atau Grabcar, pilih isi saldo Ovo melalui driver.

Kemudian isi jumlah saldo yang Anda inginkan, Minimal top up adalah Rp 10.000 atau lebih, namun dengan syarat tidak melebihi saldo dari driver. Setelah bertemu dengan driver, Anda tinggal membayar tunai sesuai jumlah top up tanpa biaya tambahan lagi.

Menggunakan metode pembayaran OVO pada aplikasi Grab sangat banyak untungnya, Jadi Anda wajib nih untuk aktifin pembayaran OVO nya. Semoga langkah-langkah aktivasi OVO beserta metode top up OVO ini bisa membantu Anda.

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *