Skip to main content
Driver Wajib Tahu Cara Cancel Orderan Grab Agar Performa Penyelesaian Aman

Driver Wajib Tahu Cara Cancel Orderan Grab Agar Performa Penyelesaian Aman

Cara Cancel Orderan Grab – Dengan meningkatnya perkembangan transportasi online di Indonesia, profesi mitra ojek online Grab kini menjadi pilihan yang menarik bagi masyarakat. Selain syarat pendaftaran mitra Grab yang cukup mudah, penghasilan mitra Grab juga bisa dikatakan cukup menjanjikan.

Meskipun begitu, mitra Grab juga harus mematuhi segala bentuk aturan dan tidak melangar kode etik agar tidak terjadi pemutusan mitra oleh penyedia transportasi online Grab. Mitra juga harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan agar bisa mendapat rating yang baik dari pelanggan.

Rating dari pelanggan sangat berpengaruh terhadap potensi mendapatkan orderan setiap harinya.  Rating juga menjadi pertimbangan untuk cairnya bonus insentif Grab. Jika rating driver Grab tidak memenuhi standart, meskipun sudah mencapai batas  jumlah berlian yang terkumpul dari setiap orderan yang selesai, mitra tetap tidak mendapat bonus insentif esok harinya.

Selain rating, performa atau nilai penyelesaian mitra juga harus memenuhi syarat pencairan insentif. Jika nilai penyelesaian kurang dari 70%, maka mitra driver tidak akan mendapat insentif meskipun rating driver bagus dan jumlah berlian yang terkumpul sudah memenuhi syarat.

Masalah yang paling sering menjadi kendala cairnya bonus insentif adalah buruknya nilai penyelesaian. Turunnya nilai penyelesaian disebabkan oleh riwayat cancel order, bisa dari pelanggan maupun dari diri sendiri.

Aturan Grab memang melarang mitra drivernya untuk cancel orderan, namun kenyataan di lapangan tidak pernah sama dengan training. Ada kalanya driver mendapatkan orderan yang mengharuskan menjemput penumpang dengan jarak yang sangat jauh, ada juga yang mendapat orderan yang pelanggannya tidak bisa dihubungi dan lain sebagainya.

Jika sudah menghadapi masalah tersebut, pembatalan order memang harus dilakukan, entah dengan meminta pelanggan yang cancel orderan atau driver sendiri yang melakukan cancel melalui aplikasi driver.

Penyebab Utama Driver Melakukan Cancel Order

Driver Grab

Melihat dari kondisi driver, pembatalan order bisa dinilai dengan 2 kondisi, antara lain :

# Pembatalan Order Secara Sengaja

Penyebab dari pembatalan order secara sengaja biasanya disebabkan karena :

  • Jarak Pelanggan terlalu jauh
  • Driver sedang ada keperluan mendesak
  • Tidak sengaja ambil order
  • Driver belum siap online
  • Driver tidak menemukan lokasi restorant

# Pembatalan Order karena Terpaksa

Sedangkan penyebab dari pembatalan karena terpaksa disebabkan oleh :

  • Pelanggan tidak bisa dihubungi
  • Pelanggan tidak muncul di lokasi penjemputan
  • Pelanggan tidak mau geser di zona merah penjemputan
  • Order Fiktif

Jika Anda seorang driver Grab baru yang belum mengerti cara cancel order. Berikut Gojekblog akan menjelaskan cara cancel order melalui aplikasi Grab driver.

Baca :  13 Cara Daftar Driver Grab Jalur VIP Terbaru dan Terlengkap 2020

Cara Cancel Order Grab Melalui Aplikasi Grab Driver Untuk Driver Pemula

Cancel order berarti kondisi Anda sebagai driver telah menerima order pelanggan, entah menggunakan fitur auto bid maupun menerima order secara manual.

Untuk melakukan cancel order, Anda bisa sorot pada bagian “Lainnya” kemudian Anda akan menemukan tanda X (silang) di sebelah logo chat. Untuk order GoFood, Anda akan menemukan tanda X (silang) dengan scrool ke bawah terlebih dahulu.

Driver Wajib Tahu Cara Cancel Orderan Grab Agar Performa Penyelesaian Aman

Ketika Anda pilih tanda X (silang) maka Anda akan dihadapkan pilihan alasan-alasan cancel order. Pilih alasan yang tepat yang menggambarkan alasan Anda harus cancel order.

Mengetahui Dampak Dari Cancel Order Bagi Driver Grab

Dampak dari cancel order adalah turunnya nilai penyelesaian di performa driver. Semakin sering Anda membatalkan order maka nilai penyelesaian semakin turun.

Perlu diketahui bahwa nilai penyelesaian itu sangat mudah sekali turun drastis hanya karena pembatalan 1 order saja, sedangkan untuk menaikkan nilai penyelesaian harus menambah beberapa order.

Misalnya Anda mendapat performa 100% dari 1 order yang telah terselesaikan. Namun di order yang ketiga Anda melakukan pembatalan order, maka nilai penyelesaian Anda akan turun menjadi 50%. Butuh setidaknya 2 penyelesaian order untuk mendapat  performa di atas 70%.

Dampak lain dari seringnya mengabaikan dan cancel order adalah sanksi dari pihak Grab. Sanksinya bisa suspen, pembekuan akun hingga sanksi putus mitra. Jadi usahakan untuk tidak sering membatalkan order jika memungkinkan.

Tips Cancel Order Yang Baik Dan Benar Tanpa Menurunkan Performa Penyelesain

grab driver
Image by : kabar24.bisnis.com

Untuk menghindari anjloknya performa penyelesaian driver sebaiknya mitra driver tidak sering mengabaikan orderan maupun dengan sengaja cancel order. Biar tidak sering order terabaikan, sebaiknya gunakan fitur ambil order otomatis atau auto bid.

Usahakan mitra driver tidak melakukan pembatalan sendiri melalui aplikasi driver, jika memungkinkan, cobalah dengan menghubungi pelanggan untuk melakukan pembatalan order melalui aplikasi pelanggan.

Bicaralah kepada pelanggan dengan sopan dan jelaskan alasan yang tepat agar pelanggan mau melakukan pembatalan.

Misalnya saja saat menjalankan order GrabFood, restourant yang akan dituju tutup tanpa peberitahuan lebih lanjut. Hal ini biasanya terjadi pada mitra GrabFood biasa bukan mitra GrabFood pilihan yang menggunakan aplikasi dalam sistem pembayarannya.

Mitra driver bisa saja membatalkan orderan secara langsung melalui aplikasi driver dengan alasan resto sedang tutup, namun dampaknya akan menurunkan nilai penyelesaian driver. Sedangkan jika Anda berbicara dan menjelaskan alasannya kepada pelanggan, pembatalan oleh pelanggan dengan alasan restourant tutup tidak berdampak pada penurunan penyelesaian driver.

Baca :  11 Cara Mudah Menjalankan Orderan GrabFood Terbaru 2020

Begitupun saat mendapatkan order Grabbike, jika Anda menjelaskan situasi dengan sopan. Bagi pelanggan yang bijak akan melakukan pembatalan order yang tidak berdampak pada penurunan penyelesaian order.

Bagaimana jika mendapat order fiktif atau Pelanggan tidak bisa dihubungi ?

Pelanggan tidak menjawab chat maupun nomor telepon yang terdaftar tidak bisa dihubungi adalah pengecualian untuk cancel order.

Jika mendapat order GrabFood, usahakan konfirmasi terlebih dahulu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, misalnya saja pelanggan tidak bisa dihubungi. Anda bisa melakukan pembatalan dengan alasan pelanggan tidak bisa dihubungi .

Sedangkan untuk order GrabExpress dan GrabBike, usahakan sampai dilokasi penjemputan terlebih dahulu. Tunggu hingga 3-5 menit, jika pelanggan tetap tidak bisa dihubungi dan tidak muncul di lokasi penjemputan, Anda bisa melakukan pembatalan order dengan alasan pelanggan tidak bisa dihubungi.

Namun jika mendapat order fiktif dengan modus penipuan, misalnya pelanggan pesan GrabFood dan meminta pembelian berupa pulsa atau memaksa untuk top up OVO secara langsung sebelum bertemu. Sebaiknya Anda melakukan screenshot order dan screenshot chat pelanggan kemudian hubungi pusat layanan GDC (Grab Driver Center) di pusat bantuan.

Atau langsung saja menghubungi melalui 021 – 8064 8777 untuk wilayah Jabodetabek dan 021 – 8064 8799 untuk wilayah luar Jabodetabek. Dengan menghubungi Pusat Layanan Grab, driver bisa mendapatkan informasi dengan menekan sesuai nomor sebagai berikut :

  • Tekan 1 untuk Informasi saat Keadaan Darurat, kecelakaan dan kekerasan serta Informasi barang tertinggal. Gunakan layanan ini jika berada dalam kondisi Darurat dan hindari menanyakan informasi lain melalui layanan ini.
  • Tekan 2 untuk Informasi seputar Akun dan Aplikasi Anda. Gunakan layanan ini jika ingin menanyakan terkait pendaftaran, status akun, informasi Dompet Tunai dan penarikan dana, serta perubahan data Mitra.
  • Tekan 3 untuk Layanan GrabFood. Gunakan layanan ini jika ingin menanyakan terkait Order GrabFood serta seputar Insentif dan pembayaran GrabFood.
  • Tekan 4 untuk Layanan GrabCar & GrabBike. Gunakan layanan ini jika ingin menanyakan terkait order GrabCar & order GrabBike serta seputar Insentif dan pembayaran GrabCar & GrabBike.
  • Tekan 5 untuk Layanan GrabExpress. Gunakan layanan ini jika ingin menanyakan terkait order GrabExpress  serta seputar Insentif dan Pembayaran GrabExpress dan GrabFresh.

Pastikan Anda memilih layanan yang sesuai dengan informasi yang Anda butuhkan.

Semoga artikel ini bisa membantu dalam proses pembatalan order Grab. Gojekblog juga menghimbau agar driver tidak sering-sering membatalkan order dan bijak dalam penggunaan layanan dan fitur yang ada di aplikasi Grab driver.

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *