Skip to main content
cara menjalankan order grabbike terbaru 2020

9 Cara Mudah Menjalankan Orderan GrabBike Terbaru 2020

Sobat Driver…

Setelah Anda membaca tentang penjelasan kegunaan fitur aplikasi Grab Driver di artikel sebelumnya. Kali ini Gojekblog akan membahas tentang bagaimana cara menjalankan order Grab.

Terdapat 3 layanan bagi driver Grab roda dua, yakni GrabBike, GrabFood dan GrabExpress. Setiap layanan Grab tentu memiliki cara menjalankan yang berbeda-beda. Maka sebaiknya Anda sebagai driver harus memahami langkah-langkah menjalankan orderan secara benar.

Namun jika Anda masih baru menjadi driver Grab, maka sebaiknya Anda harus belajar kepada driver yang sudah lama. Selain agar tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan pelanggan kesal yang bisa berujung mendapat rating yang buruk. Juga agar tidak terjadi kesalahan fatal yang bisa berujung pembekuan akun, suspen hingga putus mitra.

Untuk itu, tim Gojekblog ingin share bagaimana sih menjalankan order GrabBike agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Berikut tutorial lengkapnya :

cara menjalankan order grabbike terbaru 2020

Langkah-Langkah Cara Menjalankan Orderan GrabBike

#1. Langkah pertama, pastikan aplikasi Grab driver dalam keadaan ON. Aktifkan juga fitur Autobid di pojok kanan atas untuk mempermudah Anda dalam penerimaan order. Jika ada order yang masuk, maka sistem akan otomatis menerima orderan tersebut.

#2. Jika Anda mendapat orderan, pastikan Anda terlebih dahulu membaca informasi orderan apa yang Anda dapatkan. Orderan GrabBike berarti tugas Anda adalah menjemput pelanggan dan mengantarnya sampai ke tujuan.

cara menjalankan order grabbike terbaru 2020

Pada peta berwarna hijau dan bernomor 1 merupakan lokasi penjemputan pelanggan. Sedangkan tanda berwarna merah bernomor 2, merupakan lokasi penurunan pelanggan.

Di bawah penulisan alamat, terdapat informasi tagihan yang akan Anda dapatkan setelah menyelesaikan order. “Uang Tunai” berarti pelanggan akan membayar dengan uang tunai saat orderan selesai. Namun jika “Non Tunai” berarti pelanggan menggunakan pembayaran OVO yang akan masuk pada Dompet Tunai di aplikasi driver Anda.

Baca :  13 Cara Daftar Driver Grab Jalur VIP Terbaru dan Terlengkap 2020

#3. Sebelum berangkat ke lokasi jemput, lakukan konfirmasi order melalui chat maupun telepon. Gunakan pesan instan untuk menghemat waktu dan mempermudah komunikasi dengan pelanggan.

#4. Jika sudah konfirmasi alamat, jemput sesuai lokasi di aplikasi. Tekan “Saya Sudah Sampai” untuk mengkonfirmasi Anda sudah di lokasi penjemputan. Ketika sudah bertemu pelanggan berikan perlengkapan safety riding berupa helm dan masker kalau ada.

cara menjalankan order grabbike terbaru 2020

#5. Selagi pelanggan menggunakan helm dan masker, Anda bisa tekan “Menjemput” di aplikasi untuk memulai pekerjaan mengantar pelanggan sampai ke tujuan.

#6. Berkendaralah sesuai standart dan patuhi rambu-rambu lalu lintas. Jika sudah sampai tujuan, tekan “Menurunkan” di aplikasi driver.

cara menjalankan order grabbike terbaru 2020

#7. Untuk pembayaran, jika pelanggan menggunakan pembayaran non tunai, berarti Anda tidak perlu menagih ongkos antarnya. Namun jika pembayaran tunai, tagihlah sesuai dengan harga tarif yang tertera di aplikasi. Tekan “Lanjutkan” kemudian “Konfirmasi” untuk menyelesaikan orderan

#8. Langkah terakhir adalah memberi rating pengalaman mengemudi Anda untuk orderan kali ini. Wajah hijau dengan senyum berarti Anda merasa senang dengan sikap pelanggan. Namun jika Anda tidak merasa senang, seperti lokasi pelanggan tidak sesuai dengan lokasi pemesanan. Anda bisa memberi review symbol wajah berwarna merah beserta keterangan kenapa Anda menilai begitu.

#9. Setelah semua selesai, berarti Anda sudah berhasil menyelesaikan order GrabBike. Pemotongan komisi 20% akan terpotong secara otomatis di saldo Dompet Kredit. Sedangkan jika pelanggan membayar dengan Non Tunai, pembayaran akan ditranfer ke Dompet Tunai.

Nah begitulah langkah-langkah menjalankan order GrabBike. Semoga artikel ini bisa membantu Anda terutama bagi driver Grab baru dalam menjalankan orderan GrabBike. Terima kasih sudah membaca.

Baca :  Penjelasan Kegunaan Fitur di Aplikasi Grab Driver 2020

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *