cara menjalankan order grabfood terbaru 2020

11 Cara Mudah Menjalankan Orderan GrabFood Terbaru 2020

Sobat Driver…

Perlu diketahui bagi mitra driver Grab yang masih baru bahwa terdapat 3 layanan bagi driver Grab roda dua. Yakni GrabBike, GrabFood dan GrabExpress. Setiap layanan Grab tentu memiliki cara menjalankan yang berbeda-beda. Maka sebaiknya Anda sebagai driver harus memahami langkah-langkah menjalankan orderan secara benar.

Sebelumnya Gojekblog sudah membahas cara menjalankan order GrabBike, yang mana GrabBike merupakan layanan Grab untuk antar jemput pelanggan. Untuk selanjutnya, Gojekblog akan membahas tentang bagaimana cara menjalankan order GrabFood.

GrabFood merupakan layanan Grab untuk pesan makanan di restorant yang sudah bekerjasama dengan Grab. Terdapat dua jenis GrabFood yang harus dipahami oleh driver Grab. yakni GrabFood biasa dan GrabFood pilihan.

Perbedaan antara GrabFood biasa dan GrabFood pilihan hanya berbeda di proses pembayararan atau pembelian di restorant saja. Untuk GrabFood biasa driver membelikan makanan menggunakan uang tunai sedangkan untuk GrabFood pilihan, driver tidak membayar secara tunai melainkan secara otomatis akan memotong saldo dompet kredit di aplikasi Grab driver.

Secara umum, proses pengerjaan order GrabFood sedikit lebih ribet dari pada proses di aplikasi lain semacam GoFood maupun NuFood. Maka dari itu, jika Anda masih baru menjadi driver Grab, sebaiknya Anda harus belajar dan bertanya kepada driver yang sudah lama.

Selain agar tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan pelanggan kesal yang bisa berujung mendapat rating yang buruk. Juga agar Anda terhindar dari kesalahan fatal yang bisa berujung pembekuan akun, suspen ataupun hingga putus mitra.

Untuk itu, tim Gojekblog ingin share bagaimana sih cara menjalankan order GrabFood agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Berikut tutorial lengkapnya :

cara menjalankan order grabfood terbaru 2020

Langkah-Langkah Cara Menjalankan Orderan GrabFood

#1. Langkah pertama, pastikan aplikasi Grab driver Anda dalam keadaan ON (aktif). Aktifkan juga fitur Autobid di pojok kanan atas untuk mempermudah Anda dalam penerimaan order. Jika ada order yang masuk, maka sistem akan otomatis menerima orderan tersebut.

Pastikan juga bahwa jenis layanan GrabFood di aplikasi Anda aktif. Sebab jika pilihan GrabFood dalam keadaan non aktif di fitur pemilihan jenis layanan, maka dipastikan Anda tidak akan mendapatkan order GrabFood.

Untuk fitur Modal, sesuaikan saja dengan modal uang tunai yang Anda bawa. Pengaturan modal hanya berlaku untuk retoran yang bekerjasama sebagai mitra GrabFood biasa. Sedangkan untuk restoran GrabFood pilihan, tidak ada batasan dalam jumlah nominal orderan yang akan Anda terima nantinya.

Baca :  4 Fitur Aplikasi Grab Driver Yang Tidak Ada di Aplikasi Gojek Driver

#2. Jika Anda mendapat orderan, pastikan Anda terlebih dahulu membaca informasi orderan apa yang Anda dapatkan. Orderan GrabFood berarti tugas Anda adalah membelikan makanan di restorant yang sudah terdaftar kemudian mengantarnya sesuai lokasi yang sudah ditentukan.

cara menjalankan order grabfood terbaru 2020

Pada peta, tanda bulat berwarna hijau dengan nomor 1 merupakan lokasi restoran yang akan dituju. Sedangkan tanda bulat berwarna merah dengan nomor 2, merupakan lokasi pelanggan berada.

Di bawah penulisan alamat, terdapat informasi restorant tersebut terdaftar sebagai GrabFood biasa atau GrabFood pilihan. Jika GrabFood pilihan, nantinya Anda tiadk perlu membayar tunai untuk pembelian makanan di restorant tersebut.

Terdapat juga informasi tentang jumlah tarif yang akan Anda dapatkan setelah menyelesaikan order. “Uang Tunai” berarti pelanggan membayar dengan uang tunai saat orderan selesai. Namun jika Non Tunai, berarti pelanggan menggunakan pembayaran OVO yang akan masuk pada Dompet Tunai di aplikasi.

#3. Hal pertama yang Anda harus pastikan adalah mengkonfirmasi orderan tersebut pada pelanggan. Misalnya menanyakan pesanan sudah sesuai di aplikasi atau ada catatan khusus seperti ukuran pedas dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menanyakan kembali lokasi pengantaran nanti sudah sesuai dengan lokasi di map atau ada ancer-ancer khusus biar lebih mudah menemukan lokasi pelanggan.

#4. Jika sudah konfirmasi, Anda bisa berangkat menuju restorant. Jika Anda binggung dengan lokasi restoran berada, Anda bisa menghubungi restorant tersebut melalui nomor telpon restorant yang sudah tertera di aplikasi.

#5. Ketika sudah di Restorant, tekan tombol “Saya Sudah di Restorant”. Kemudian berikan rincian pesanan di aplikasi driver kepada kasir restorant. Jika Restorant tersebut terdaftar sebagai mitra GrabFood pilihan, Anda cukup memberikan no orderan saja.

cara menjalankan order grabfood terbaru 2020

#6. Konfirmasi nominal harga pesanan makanan di aplikasi dengan nota pembelian, kemudian tekan “Orderan Sudah Diambil” dan foto nota pembelian tersebut untuk menyelesaikan pembelian.

Baca :  5 Cara Mudah Top Up Saldo Grab Driver Terbaru 2020

Perlu diketahui bahwa untuk Resto pilihan, Anda tidak bisa mengubah jumlah pesanan, misalnya saja menambahkan atau mengurangi jumlah pesanan atau mengubah harga pesanan. Sedangkan untuk resto yang terdaftar sebagai mitra GrabFood biasa, masih memungkinkan Anda menambahkan pesanan dan mengubah harga.

#7. Setelah makanan sudah siap, antarkan sesuai alamat tujuan. Tekan tombol “Saya Sudah Sampai” jika Anda sudah berada di lokasi sesuai dengan di aplikasi. Anda bisa menghubungi pelanggan melalui chat maupun fitur telpon gratis bahwa Anda sudah berada di lokasi antar.

cara menjalankan order grabfood terbaru 2020

#8. Jika sudah berjumpa dengan pelanggan dan memberikan makanan yang sudah dipesan, tekan “Sudah Diantar” untuk menyelesaikan orderan.

#9. Jika pelanggan membayar dengan metode pembayaran OVO (non tunai), Anda tidak perlu lagi menagih pembayaran kepada pelanggan. Namun jika pelanggan menggunakan pembayaran tunai, pastikan Anda menagih pembayarannya sesuai dengan tarif yang tertera.

#10. Tekan “Konfirmasi” untuk konfirmasi pembayaran sudah terbayarkan. Anda akan mendapat ringkasan pendapatan yang Anda peroleh. Langkah terakhir adalah memberikan ulasan kepada pelanggan tentang orderan ini.

cara menjalankan order grabfood terbaru 2020

Wajah hijau dengan senyum berarti Anda merasa senang dengan pelanggan. Namun jika Anda tidak merasa senang karena suatu hal, misalnya lokasi pelanggan yang tidak sesuai, Anda bisa memberi review symbol wajah berwarna merah beserta keterangan kenapa Anda menilai begitu.

#11. Setelah semua selesai, berarti Anda sudah berhasil menyelesaikan order GrabFood. Pemotongan komisi 20% akan terpotong secara otomatis di saldo Dompet Kredit. Sedangkan jika pelanggan membayar dengan Non Tunai atau menggunakan promo, pembayaran akan ditranfer ke Dompet Tunai.

Nah begitulah langkah-langkah menjalankan order GrabFood. Semoga artikel ini bisa membantu Anda terutama bagi driver Grab baru dalam menjalankan orderan GrabFood. Terima kasih sudah membaca.

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *