Skip to main content
Pentingnya Rating Driver Gojek Dan Cara Menaikkan Rating Driver Gojek 2019

Pentingnya Rating Driver Gojek Dan Cara Menaikkan Rating Driver Gojek 2019

Seberapa penting sebuah rating bagi driver Gojek?

Bagi driver Gojek, sering mendapat banyak order adalah dambaan bagi para driver Gojek. Dengan seringnya mendapat orderan berarti potensi penghasilan mereka akan meningkat. Begitupun waktu kerja mereka di jalan juga makin pendek. Karena kebanyakan diantara para driver bekerja hingga larut malam untuk mengejar insentif harian mereka.

Dengan semakin cepat para driver mendapat insentif harian yang diakumulasikan dengan sistem poin yang mereka dapat dari setiap orderan yang diselesaikan. Dengan begitu tingkat kelelahan mereka saat bekerja juga akan menurun dengan pendeknya waktu mereka bekerja di jalan.

Salah satu faktor yang membuat driver mendapatkan banyak orderan adalah bagusnya rating driver. Rating disini berasal dari penilaian customer dengan pelayanan driver saat menjalankan order.

Semakin sering driver mendapatkan rating yang bagus (bintang 5) dari setiap orderan yang masuk, maka semakin sering driver tersebut direkomendasikan oleh server Gojek untuk mendapatkan orderan.

Karena sistem algoritma Gojek sekarang tidak hanya membaca posisi driver saja, namun kualitas serta performa driver juga menjadi kunci mereka akan mendapatkan orderan.

Efek dari rating driver yang buruk juga sangat berpengaruh terhadap turunnya orderan setiap harinya. Seperti pengalaman driver yang baru terkena rating buruk beserta bad komen dari customer, akun mereka akan tiba-tiba hening tanpa orderan, padahal biasanya akun mereka cukup sering mendapat orderan setiap harinya.

Minimal rating driver Gojek yang bagus adalah 4,6 yang diakumulasikan 25 order terakhir. Rating di bawah 4,6 kemungkinan besar akan sulit mendapatkan orderan. Saat ini rata-rata rating driver Gojek adalah 4,8 yang bisa dijadikan acuan untuk akun Anda biar lebih sering mendapatkan orderan.

Hal Yang Menyebabkan Rating Driver Gojek Menurun

Hal Yang Menyebabkan Rating Driver Gojek Menurun

Tidak ada hal lain yang menyebabkan rating driver menjadi menurun kalau bukan karena penilaian customer. Karena pada dasarnya, rating driver adalah sebuah apresiasi customer terhadap pengalaman mereka saat memesan driver melalui aplikasi Gojek customer.

Menurut pengalaman, ada beberapa hal yang membuat customer memberikan respon buruk terhadap rating driver Gojek, antara lain :

1. Etika Driver Yang Kurang Sopan

Hal yang paling penting adalah perihal etika driver saat berhadapan dengan customer. Sebab pekerjaan ojek online adalah pekerjaan berkategori jasa yang menuntut para mitra untuk memberi pelayanan yang terbaik bagi customer.

Seringnya customer memberi rating buruk dikarenakan para customer kecewa dengan sikap driver. Mungkin seperti berbicara dengan nada yang cukup keras atau hal lain yang bisa menyinggung customer.

Usahakan driver jangan cepat tersulut amarah karena kesalahpahaman. Misalnya tentang lokasi jemput yang tidak sesuai atau driver menunggu customer terlalu lama baik dalam menjemput ataupun saat mengantarkan makanan atau barang.

Karena bisa jadi itu hanya kesalahpahaman atau karena ketidakmengertian customer karena masih baru pertama kali menggunakan aplikasi.

Baca :  Perlukah “Ngepel Jalanan” Biar Akun Driver Go-Jek Menjadi Gacor

2. Pelayanan Yang Buruk

Selain etika driver, rating buruk juga sering dijumpai pada pelayanan yang buruk. Misalnya driver mengemudikan kendaraannya terlalu cepat atau makanan yang diantar dalam keadaan tumpah dan lain sebagainya.

Driver harus tau kecepatan yang diperbolehkan saat mengantar customer.  Standart kecepatan driver adalah antara 40 km/jam sampai 60 km/jam. Namun jika atas permintaan customer, entah berkendara lebih cepat atau lebih pelan, usahakan driver juga harus menurutinya dengan kaidah standart kecepatan berkendara tentunya.

Untuk masalah makanan yang tumpah, Driver tidak bisa menyalahkan resto dalam penyajian makanannya, sebab driver bisa cek terlebih dahulu sebelum mengantar.

Jika memang penyajiannya resto kurang bagus yang berpotensi tumpah, Driver bisa memberi pengertian pada pihak resto agar menambah pengamananan agar peyajian makanan tetap bagus saat sampai walau diantar menggunakan motor.

3. Customer Yang Tidak Mengerti

Banyaknya rating driver buruk juga berasal dari tidak mengertinya customer dengan keadaan. Misalnya driver yang lama menjemputnya karena kesalahan map yang tidak sesuai. Customer mengira bahwa lokasinya sudah sesuai map, padahal bisa saja lokasinya berubah karena pembacaan GPS memang tidak sesuai karena buruknya sinyal internet.

Kasus lain juga terjadi karena tidak mengertinya customer bahwa tarif di aplikasi bisa saja berubah tanpa pemberitahuan lebh lanjut. Misalnya karena pihak resto masih belum menganti harga lama dengan harga yang baru, atau harga yang di aplikasi masih belum termasuk PPN (Pajak Pertambahan Nilai).

Terkadang customer merasa dirugikan karena ada perubahan harga yang tidak seperti saat awal pemesanan, padahal perubahan harga itu bukan kesalahan driver.

Namun alangkah baiknya jika ada perubahan harga entah karena perubahan dari resto maupun karena adanya pajak pertambahan nilai, sebaiknya driver tetap memberitahukan kepada customer akan perubahan harga tersebut sebelum mengantar.

4 Tips Untuk Menaikkan Rating Driver Gojek 2019

4 Tips Untuk Menaikkan Rating Driver Gojek 2019

Mengingat bahwa rating driver merupakan salah satu hal penting agar akun menjadi gacor. Maka driver juga harus paham bagaimana menaikkan rating driver yang tiba-tiba turun karena rating buruk dari satu customer.

Apalagi jika Anda baru terbebas dari suspen, biasanya akun Anda akan sangat sulit mendapatkan orderan. Mungkin karena pihak Gojek telah mereset history perjalanan serta rating di akun Gojek Driver Anda meskipun tampilan di aplikasi masih tetap sama.

Cara termudahnya adalah dengan memperbaiki rating driver dengan cara yang natural. Berikut beberapa tips dari Gojekblog tentang cara menaikkan rating driver Gojek.

1. Jangan Pernah Melakukan Kecurangan Demi Rating Yang Baik

Satu hal yang harus Anda hindari adalah dengan membuat orderan fiktif atau membuat orderan sendiri untuk dirinya sendiri. Sebab hal ini termasuk kecurangan dan pelanggaran yang bisa berdampak pada Putus Mitra.

Baca :  Beberapa Pelanggaran Driver Go-Jek Mulai Dari Suspen Hingga Berujung Putus Mitra

Rating yang baik adalah rating dari customer yang memiliki riwayat perjalanan lebih dari 50 trip. Karena mereka yang sudah sering menggunakan layanan Gojek lebih dari 50 trip dengan rating customer yang baik, sangat berpotensi meningkatkan rating Anda sebagai driver.

2. Selalu Sopan Dalam Berkomunikasi Serta Berpenampilan Rapi dan Wangi

Untuk mendapatkan rating dari customer, hal penting yang harus Anda lakukan adalah dengan menjaga etika baik Anda selama menjalankan pelayanan sebagai driver Gojek.

Salah satunya adalah dengan bersikap sopan santun, baik dalam berkomunikasi serta dalam cara berpenampilan. Usahakan selalu senyum saat berhadapan dengan customer, Tanyakan lokasi antar dan lokasi tujuan dengan komunikasi yang baik.

Jangan ragu bertanya pada customer apabila Anda memiliki rute yang lebih cepat, jika mereka tidak mengizinkan, Anda tetap harus mematuhinya dengan mengikuti rute pilihan customer. Usahakan Anda berpenampilan wangi serta keadaan sepeda motor juga tidak terlalu kotor seperti 3 bulan belum pernah dicuci.

Dengan begitu, tanpa harus meminta agar customer memberi bintang lima diakhir perjalanan, jika pelayanan serta sikap Anda yang santun, pasti akan membuat customer memberi bintang lima dengan sukarela. Bahkan mereka akan memberi tips dan komentar yang sangat baik untuk pelayanan yang memuaskan dari Anda.

3. Selalu Berkendara Yang Baik

Berkendara yang baik juga merupakan pelayanan yang bisa mendapatkan rating baik dari customer. Seperti tidak berkendara dengan kecepatan di atas standart atau dengan cukup hati-hati dalam memilih jalan yang baik saat berkendara.

Nge-rem mendadak” atau memberhentikan motor secara mendadak merupakan hal yang harus dihindari oleh driver Gojek. Selalu beri jarak aman saat berkendara dan jangan terburu-buru saat hendak menyalip kendaraaan di depan Anda.

4. Ucapkan Terima Kasih Dan Jangan Segan Untuk Meminta Maaf

Dan terakhir, selalu ucapkan terima kasih telah menggunakan layanan Gojek diakhir perjalanan. Anda tak perlu meminta agar customer memberi rating bintang 5, karena hal tersebut adalah privasi serta hak mereka menilai pelayanan Anda.

Jika dalam pertengahan perjalanan ada hal yang tidak mengenakkan seperti nge-rem mendadak atau roda motor slip pada lubang jalan, Anda bisa meminta maaf atas ketidaknyamanannya selama perjalanan.

Anda juga bisa meminta maaf perihal resto yang lama saat menyiapkan makanannya atau keadaan resto yang cukup ramai. Jadi makanan yang Anda antar sedikit lebih lama dari pada biasanya. Dengan begitu customer akan terharu dengan iktikad baik Anda untuk meminta maaf dengan pelayanannya yang bisa dianggap kurang memuaskan.

***

Sekilas memang sangat sepele, namun pekerjaan ojek online merupakan pekerjaan dibidang jasa. Suka atau tidak, pekerjaan jasa akan berhadapan dengan kepuasan pelanggan. Jadi agar pelanggan puas, Anda wajib memberi pelayanan yang terbaik agar pelanggan betah dengan pelayanan Anda.

Di Gojek driver, rating adalah sebuah penilaian pelanggan atas pelayanan Anda. Jika rating Anda di bawah rata-rata, tidak hanya orderan saja yang anyep, bahkan sanksi hingga pemutusan mitra juga akan bisa menimpa Anda.

Salam satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *