Skip to main content
Cara Pesan Layanan GrabBike Terlengkap dan Terbaru 2019

Cara Pesan Layanan GrabBike Terlengkap dan Terbaru 2019

Aplikasi transportasi umum berbasis online memang sangat populer beberapa tahun ini di Indonesia. Salah satu penyedia ojek online menawarkan layanan antar jemput penumpang. Di pihak Gojek mengenalkan layanannya dengan sebutan Go-Ride, sedangkan Grab mengusung layanannya dengan sebutan GrabBike.

Apa itu GrabBike?

Grabbike atau Grab motor adalah layanan transportasi online antar jemput dalam bentuk sepeda motor atau sering disebut ojek online. Grabbike merupakan salah satu layanan yang disediakan di aplikasi Grab yang menjadi kompetitor utama dari Gojek.

Saat ini GrabBike sudah beroperasi sejak tahun 2014 silam dan mulai masuk ke kota-kota kecil di Indonesia. Layanan GrabBike beroperasi 24 jam setiap hari, namun dalam penggunaannya, pastikan Anda mengecek ketersediaan pengemudi GrabBike di kota Anda terlebih dahulu.

Meskipun sudah lama beroperasi, masih banyak pelanggan baru maupun yang sudah beberapa kali menggunakan Grab yang masih kebingungan dalam pengoperasian aplikasi Grab. Terutama tentang cara pesan GrabBike.

Berikut Gojekblog akan mengulas cara lengkap pesan GrabBike atau Grab motor di aplikasi terbaru.

Langkah-langkah Pesan GrabBike Terbaru

Jika Anda pengguna baru dan masih belum pernah install aplikasi Grab, Anda bisa baca panduan install dan daftar Grab serta penjelasan fitur aplikasi Grab 2019.

Setelah Anda login aplikasi Grab, pada menu beranda, pilih “logo motor” untuk pesan Grabbike atau Grab motor.

Cara Pesan Layanan GrabBike Terlengkap dan Terbaru 2019

Secara otomatis, Grab akan mendeteksi lokasi Anda berada, jadi sebaiknya Anda aktifkan keakuratan GPS di smartphone Anda dengan pengaturan “Akurasi tinggi”.

Anda cukup mengisi lokasi kemana Anda ingin pergi. Anda bisa mengetik alamatnya ataupun Anda bisa tentukan menggunakan lokasi map dengan pilih logo map di pojok kanan atas. Anda bisa geser titik tujuan ke tempat yang Anda inginkan.

Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan perincian biaya layanan Grab serta Anda bisa memilih metode pembayaran dengan tunai maupun cashless menggunakan OVO.

Tetap pilih GrabBike dengan logo sepeda motor jika Anda ingin pesan Grab Motor. Pilih “Pesan GrabBike” untuk mencari driver terdekat dengan lokasi Anda berada.

Baca :  Cara Mudah Beli Pulsa, Paket Data Dan Token Listrik Melalui Aplikasi Grab 2019

Sistem akan mencarikan driver yang paling dekat dengan lokasi Anda berada. Jika sudah mendapat driver, konfirmasi lokasi Anda berada dengan driver melalui telpon ataupun fitur chat di aplikasi. Tunggu hingga driver menjemput Anda.

Cara Pesan Layanan GrabBike Terlengkap dan Terbaru 2019

Anda tinggal naik, driver akan mengantar Anda sesuai tujuan di aplikasi. Setelah sampai tujuan, Anda tinggal bayar tunai sesuai argo di aplikasi jika metode pembayaran yang Anda gunakan adalah non tunai.

Namun jika Anda menggunakan metode OVO, Anda tidak perlu membayar uang tunai lagi kepada driver. Anda juga bisa top up saldo OVO kepada driver, namun dengan syarat driver juga memiliki saldo OVO yang cukup.

Kasus lain, jika ternyata Anda salah memasukkan alamat tujuan atau Anda berubah pikiran tentang arah tujuan Anda, Anda tak perlu membatalkan pesanan. Anda tetap bisa ganti arah tujuan GrabBike, bahkan di tengah perjalanan sekalipun.

Caranya Anda sorot pojok kiri atas di menu Grabbike dengan informasi “jelajahi Grab”. Anda bisa ganti lokasi tujuan setelah driver sudah menjemput Anda (dalam artian sudah mengeser di aplikasi driver bahwa si driver sudah bersama customer).

Setelah selesai mengantar, jangan lupa memberi penilaian driver dengan pengalaman Anda setelah menggunakan layanan Grabbike. Anda juga bisa memberi ucapan terima kasih atau sedikit saran kepada driver melalui fitur penilaian. Selain itu Anda bisa memberi tip driver dengan menggunakan saldo OVO..

Langkah-langkah Pesan GrabBike Dengan 2 Tujuan Sekaligus

Layanan Grabbike itu sangat special, selain tidak ada batasan jarak, Anda bisa pesan 2 tujuan sekaligus dalam satu order GrabBike. Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang menginginkan perjalanan pulang-pergi tanpa harus ribet dengan order driver kembali.

Untuk cara pesannya, sebenarnya tetap sama dengan cara order Grabbike pada umumnya. Perbedaannya hanya pada tampilan hendak pesan Grabbike, yang mana Anda sudah menentukan lokasi tujuan dan sudah muncul biaya ongkos Grab.

Sorot pada lokasi tujuan di map, terdapat tombol (+) pada map. Tombol itulah yang berfungsi untuk menambahkan alamat tujuan kedua. 

Baca :  Penjelasan Cara Memesan GrabFood Terbaru 2019

Anda bisa arahkan ke lokasi jemput jika Anda ingin menghendaki perjalanan pulang-pergi.  Atau Anda arahkan ke lokasi lain jika perjalanan Anda yang kedua menuju arah yang lain.

Penggunaan fitur ini jauh lebih ekonomis dari pada harus order lagi. Sebab perhitungan tarif perjalanan hanya ditambahkan sesuai jarak perjalanan yang ditambahkan. Misalnya nambah 1 km dengan tarif dasar 2000 per km, maka Anda hanya menambahkan 2000 rupiah saja dalam perjalanan tersebut.

Berbeda jika Anda order lagi yang berarti Anda akan membayar lagi dengan minimal biaya perjalanan yakni 9000 rupiah. Untungnya lagi, Anda tak perlu menunggu driver baru menjemput Anda, karena driver yang tadi akan bersedia menunggu Anda di lokasi pertama asal waktu tunggunya tidak terlalu lama yah? Kasihan drivernya.

Langkah-langkah Pesan GrabBike Dengan 2 Motor Hanya Dengan 1 Aplikasi Yang Sama

Kasus lain apabila Anda ingin memesan Grabbike untuk Anda beserta teman Anda, berarti Anda harus memesan driver Grab sebanyak 2 orang. Namun jika teman Anda tidak memilki akun Grab, Anda tetap bisa pesan dua driver Grab sekaligus dengan satu aplikasi yang sama.

Caranya tidak jauh beda dengan cara pesan Grabbike. Hanya menambahkan beberapa langkah, antara lain :

  1. Lakukan order Grabbike seperti biasanya hingga sampai pada proses konfirmasi lokasi kepada driver melalui chat atau telpon.
  2. Setelah fix dan driver akan menjemput Anda, kembali ke halaman utama aplikasi Grab
  3. Selanjutnya, ulangi proses pesan GrabBike yang kedua dengan cara yang sama untuk mendapatkan driver yang kedua.

Dengan cara tersebut, Anda bisa pesan Grabbike dengan dua kendaraan sekaligus. Namun jika tujuan Anda dengan teman Anda sama, mungkin jauh lebih efektif untuk pesan GrabCar.

Terima kasih sudah baca panduan cara pesan Grabbike terbaru dan terlengkap 2019. Semoga bermanfaat

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *