Skip to main content
Cara Mudah Pesan GrabExpress Terbaru 2021

Cara Mudah Pesan GrabExpress Terbaru 2021

GrabExpress Instan – Berbagai kemudahan akan Anda dapatkan saat menggunakan aplikasi Grab. Anda tinggal pesan  layanan GrabBike atau GrabCar, maka driver akan menjemput Anda sesuai lokasi dan saat itu juga.

Begitupun jika Anda merasa lapar, Anda bisa pesan GrabFood yang mana pesanan makanan akan diantar ke meja makan Anda dengan segera. Anda juga bisa beli sembako melalui layanan GrabMart maupun GrabAssistant.

Selain keempat layanan tersebut, Grab masih memiliki berbagai fitur dan layanan yang menarik tentu akan membantu Anda dalam memulai hari-hari Anda dengan lebih mudah.

Misalnya saja Anda mempunyai toko online shop yang membuat Anda sering melakukan kirim barang/paket. Aplikasi Grab bisa sangat membantu Anda dalam hal ini. Yakni dengan menggunakan layanan GrabExpress.

Apa itu GrabExpress?

GrabExpress merupakan layanan Grab dalam hal pengantaran paket/barang secara instan dan aman dengan estimasi waktu kurang dari 6 jam. GrabExpress juga bekerjasama dengan NinjaXpress dalam hal pengantaran antar kota melalui aplikasi Grab.

Secara umum, terdapat 5 jenis layanan GrabExpress yang perlu Anda ketahui, yakni : GrabExpress Instan Bike, GrabExpress Instan Car, GrabExpress Same Day (Bike), Grab Rail Express (KAI), dan GrabExpress Recycle .

Biar lebih jelas, Gojekblog akan jelaskan satu persatu layanan tersebut.

1. Grab Express Instan Bike

GrabExpress Instan Bike merupakan layanan pengiriman paket secara instan dengan estimasi waktu maksimal 3 jam menggunakan media roda dua (GrabBike).

Adapun ketentuan paket/barang yang bisa diterima mitra driver adalah paket tidak yang diperbolehkan memiliki berat tidak lebih dari 15 kg dengan dimensi 50 x 50 x 50 cm.

2. Grab Express Instan Car

GrabExpress Instan Car merupakan layanan pengiriman barang secara instan dengan estimasi waktu maksimal 3 jam dengan menggunakan media roda empat (GrabCar).

Paket/barang yang bisa diterima mitra driver ketentuannya berat maksimal yang diperbolehkan tidak lebih dari 150 kg dengan dimensi paket 100 x 100 x 80 cm.

3. Grab Express Same Day (Bike)

GrabExpress Same Day merupakan layanan pengiriman menggunakan media roda dua (GrabBike). Hanya saja estimasinya lebih panjang (6 jam) namun biaya/tarif yang dibebankan lebih murah dari pada GrabExpress Instan Bike.

GrabExpress Same Day ini hanya berlaku di kota-kota tertentu yang memilki kuantitas orderan GrabExpress yang tinggi.

4. Grab Rail Express (KAI)

Grab Rail Express merupakan layanan pengantaran antar kota menggunakan roda dua yang  bekerjasama dengan kereta api Indonesia (KAI). Prosesnya, paket Anda akan dijemput oleh mitra driver untuk diteruskan ke pihak Rail Express.

Baca :  Cara Install dan Daftar Akun Grab Customer Serta Penjelasan Fitur Terbaru 2020

Anda akan mendapatkan notifikasi dari Rail Express untuk detail nomor resi dan estimasi keberangkatan dan paket tiba di lokasi.

5. GrabExpress Recycle

GrabExpress Recycle merupakan layanan Grab yang mendukung gerakan cinta lingkungan yang bekerja sama dengan Danone AQUA dengan mendaur ulang sampah botol dan gelas plastik menajdi botol dan kardus baru.

Prosesnya, sampah atau paket Anda akan dijemput oleh mitra GrabExpress. Kemudian mitra membawanya ke lokasi daur ulang pilihan Anda.  

Panduan Lengkap Cara Pesan GrabExpress Terbaru

Meskipun terdapat 5 jenis layanan GrabExpress, namun cara pesan layanannya tidak jauh beda secara umum. Namun untuk lebih jelasnya, Tim Gojekblog akan memberikan penjelasan langkah-langkah cara pesan GrabExpress sebagai berikut:

Cara Mudah Pesan GrabExpress Terbaru 2021

Langkah pertama buka aplikasi Grab. Kemudian pilih “Express” untuk memulai pesan layanan GrabExpress.

Jika Anda baru pertama kali membuka layanan GrabExpress, maka terdapat 2 pilihan yakni : Dalam Kota atau Antar Kota.

Untuk pesan GrabExpress Instan, Anda bisa piih pilihan “Dalam Kota”. Namun jika paket Anda ditujukan untuk luar kota, pilihan “Antar Kota” dengan menggunakan layanan NinjaXpress merupakan pilihan bijak dalam menghemat tarif pengiriman.

Cara Mudah Pesan GrabExpress Terbaru 2021

Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah menentukan lokasi jemput paket.

Sebelumnya Gojekblog ingatkan kembali bahwa Anda harus memahami status Anda dalam pengiriman paket ini sebagai pengirim atau sebagai penerima.

Detail lokasi pengirim berada di kolom atas sendiri dengan bulatan biru. Sedangkan kolom kedua dengan bulatan orange merupakan pilihan detail lokasi penerima barang.

Untuk detail lokasi pengirim, sebaiknya Anda memastikan titik lokasi memang benar-benar tepat. Anda bisa memilih secara manual dengan klik lokasi otomatis dan mengantinya dengan lokasi yang sesuai.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang membuat mitra driver kebingungan mencari lokasi titik jemput paket.

Untuk lebih memudahkannya lagi, tambahkan katerangan lokasi jemput seperti patokan jalan, nomor rumah maupun ciri-ciri rumah di kolom yang tersedia. Kolom nama dan nomor telpon akan otomatis terisi jika Anda sebagai pengirim.

Namun jika Anda sebagai penerima paket, ganti detail nama sesuai dengan nama si pengirim beserta nomor telponnya juga.

Cara Mudah Pesan GrabExpress Terbaru 2021

Untuk detail lokasi penerima, lakukan hal yang sama seperti menentukan lokasi, nama beserta telpon si penerima. Kemudian di bawahnya terdapat pula pilihan kategori barang/paket beserta estimasi berat barang.

Baca :  Cara Pesan Layanan GrabBike Terlengkap dan Terbaru 2020

Anda juga bisa mengirim dua paket sekaligus dengan dua lokasi yang berbeda. Caranya, setelah menambahkan lokasi penerima, di bawah kolom penerima akan muncul penambahan detail penerima. Lakukan cara yang sama seperti mengisi detail penerima sebelumnya.

Setelah selesai dengan menentukan lokasi pengirim dan penerima. Anda bisa menentukan layanan GrabExpress yang Anda inginkan.

Cara Mudah Pesan GrabExpress Terbaru 2021

Anda bisa pilih Instan Bike atau Instan Car sesuai dengan ketentuan berat dan dimensi barang. Setelah itu pilih “Berikutnya” untuk masuk pada laman konfirmasi pengantaran.

Pada laman konfirmasi, Anda bisa menentukan metode pembayaran. Anda bisa pilih pembayaran tunai maupun non tunai menggunakan OVO cash maupun OVO Point. Anda juga bisa menambahkan metode pembayaran lain seperti kartu debit maupun kartu kredit.

Untuk pilihan tambahan proteksi merupakan layanan Grab yang memberikan asuransi khusus pada pengguna jika paket yang Anda kirimkan hilang atau rusak.

Pilihan Basic memungkinkan Anda mendapatkan asuransi hingga 2 juta. Sedangkan Standart dan Premium masing-masing asuransinya sebesar 10 juta dan 25 juta.

Cara Mudah Pesan GrabExpress Terbaru 2021

Pilih “Konfirmasi dan Pesan” maka sistem akan mencarikan mitra driver terdekat dengan lokasi Anda. Jika sudah mendapatkan mitra driver, jangan lupa untuk konfirmasi ulang melalui fitur chat maupun fitur telepon gratis di aplikasi Grab.

Tunggu mitra menjemput paket ke lokasi jemput. Setelah Anda memberikan paket, jangan salah sangka jika mitra driver meminta foto Anda beserta paket. Tujuan pengambilan foto adalah untuk mengetahui kondisi paket di saat pengambilan maupun penyerahan paket/barang.

Foto ini juga dapat dijadikan sebagai bukti jika seandainya paket Anda bermasalah atau rusak saat diterima. Tidak perlu khawatir, foto ini tidak akan tersimpan di smartphone mitra melainkan hanya tersimpan oleh pihak Grab sendiri.

Anda bisa lacak paket Anda secara real time di aplikasi Grab. Selain itu Anda juga bisa pesan GrabFood dikala proses GrabExpress.

Nah begitulah cara mudah pesan GrabExpress Instan. Namun sebelum Anda close aplikasi Grab, jangan lupa memberikan ulasan kepada mitra driver untuk pelayanannya.

Semoga bermanfaat.

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *