Skip to main content
Cara Unik Driver Gojek Dalam Pengembalian Uang Kembalian

Bisa Ditiru! Cara Unik Driver Gojek Dalam Pengembalian Uang Kembalian Pelanggan

Menjadi driver ojek online yang baik itu tidak hanya dengan mentaati peraturan sesuai standart operasional prosedur (SOP), namun juga dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. Dengan melakukan kedua hal tersebut, seorang driver akan mendapatkan rating yang baik.

Seperti yang pernah Gojekblog bahas tentang pentingnya rating bagi seorang driver Gojek. Rating driver merupakan salah satu faktor penting agar driver sering mendapatkan orderan. Rating driver juga sebagai bentuk kepuasan pelanggan atas pelayanan driver yang pernah dipesan sebelumnya.

Di sistem Gojek sebelumnya, Rating dan komentar buruk dari pelanggan akan berakibat fatal bagi driver. Penilaian bintang 1 ditambah komentar yang buruk, bisa berujung suspen hingga putus mitra. Seperti unggahan dari instagram @keluhkesahojol.id

Percakapan driver dengan pelanggan karena rating buruk
Image : Instagram @keluhkesahojol.id

Pelanggan memberi bintang satu dengan komentar yang buruk soal pengembalian uang. Padahal driver sudah mengikhlaskan biaya tarif ojek online tersebut karena tidak memiliki pengembalian uang.

Untuk sistem Gojek yang sekarang, memang tidak sejahat dulu. Meskipun driver mendapat bintang 1 dari pelanggan, pihak Gojek Indonesia tidak memberikan sanksi suspen kepada drivernya. Hanya saja dengan rating buruk tersebut, akun driver akan sulit mendapatkan orderan dalam beberapa waktu ke depan.

Dari kejadian tersebut, kepuasan pelanggan adalah hal yang wajib diperbaiki oleh driver agar mendapat rating yang baik. Salah satunya dengan menyediakan uang kecil untuk uang kembalian pelanggan. Karena tidak semua pelanggan berhati baik, bisa saja hanya karena 500 perak berujung komen jahat yang berdampak buruk bagi driver.

Untuk mengatasi masalah pengembalian uang pelanggan, Ada beberapa cara unik yang dilakukan oleh driver Gojek dalam memberikan pengembalian pada pelanggan. Yuk simak cara uniknya berikut ini :

Baca :  Pengalaman Driver Yang Putus Mitra Hanya Dalam Kurun Waktu 3 Jam

Transfer Gopay Via Aplikasi Gojek Customer

Kehabisan uang dengan nominal kecil bukan lagi halangan dalam mengembalikan uang kembalian. Karena Anda bisa transfer Gopay melalui aplikasi Gojek customer bahkan dengan nominal terkecil.

Hal ini pernah dilakukan oleh driver asal Pasuruan, Ainur. Beliau mengaku pernah mengembalikan uang kembalian pelanggan sebesar Rp 2000 menggunakan aplikasi Gojek customer yang dimilikinya.

Ceritanya beliau kehabisan uang kecil, sedangkan untuk menukarkan uang sedikit repot karena rumah pelanggan jauh dari toko atau warung terdekat. Akhirnya beliau menawarkan pengembalian uang berupa saldo Gopay yang ditransfer melalui aplikasi Gojek costumer.

Cara ini cukup efektif bagi driver, karena pelanggan nantinya juga akan menggunakan Gopay untuk transaksi selanjutnya. Namun untuk bisa transfer Gopay ke sesama aplikasi, Anda harus upgrade akun Gopay terlebih dahulu untuk bisa menikmati fasilitas seperti ini.

Transfer Uang Kembalian Via Bank

Selain menggunakan Gopay di aplikasi Gojek Customer, Pak Ainur juga mengaku pernah mengembalikan uang kembalian pelanggan menggunakan transfer Bank.

Ceritanya, beliau benar-benar kehabisan uang tunai di dompetnya karena beberapa kali mendapat order GoFood dengan membelikan makanan dengan uang tunai dan dibayar pelanggan menggunakan Gopay.

Akhirnya saat penagihan terakhir, pelanggan membayar dengan uang seratus ribuan. Pak Ainur menawarkan mau tukar uang dulu, namun pelanggannya keburu hendak naik bis. Akhirnya beliau menawarkan transfer via Bank dan untungnya pelanggannya bersedia untuk pengembalian via transfer bank.

Transfer Uang Kembalian Menggunakan e-Wallet Lainnya

Dengan melihat dua cara unik di atas, mungkin driver bisa mencoba cara lain lagi, seperti menggunakan OVO ataupun Dana.

Memang tidak ada hubungannya antara pengguna Gojek dengan pembayaran Dana maupun OVO. Namun kedua e-Wallet tersebut cukup banyak digunakan oleh orang di Indonesia.  Jadi alternatif pengembalian uang kembalian mengunakan metode ini bisa dipakai.

Baca :  Biar Tidak Rugi, Driver Harus Waspada Pada Penipuan Mengatasnamakan Go-Jek

Menggunakan Permen Sebagai Ganti Uang Receh

Satu lagi cara unik metode pengembalian uang kembalian pelanggan dengan menggunakan permen. Cara yang satu ini tidak layak untuk ditiru sebenarnya, namun jika keadaan mendesak dan tidak ada kembalian uang sebesar nominal 500 perak, permen bisa jadi penggantinya.

Seperti pengalaman yang dialami oleh seorang driver yang mengaku pernah mengembalikan uang kembalian pelanggan menggunakan permen. Sebenarnya uang kembaliannya sebesar Rp 7500, namun sayangnya driver hanya memiliki uang kecil sebesar Rp 7000 di dompetnya.

Sebagai ganti uang 500 perak, driver menyodorkan permen sejumlah 5 buah sebagai ganti uang 500 perak tersebut. Dan beruntungnya, pelanggan justru senang mendapatkan kembalian seperti itu. Katanya “lumayan buat anak-anak nanti”.

Terkadang ada saja pelanggan yang tetap menunggu uang kembalian dari driver meskipun jumlah nominalnya sebesar 500 perak. Dari pada Anda sebagai driver terkena rating buruk gara-gara uang kembalian yang jumlah nominalnya tak seberapa. Cara ini cukup berguna untuk alternatif pengembalian uang kembalian pelanggan.

Apapun cara yang dilakukan driver untuk mengembalikan uang kembalian, usahakan selalu konfirmasi kepada pelanggan yah? Sebab kepuasan pelanggan harus selalu diutamakan.

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *