Skip to main content
Penjelasan Kegunaan Fitur di Aplikasi Grab Driver 2020

Penjelasan Kegunaan Fitur di Aplikasi Grab Driver 2020

Pada saat pendaftaran mitra driver Grab baru, pihak Grab selalu memberi pembekalan kepada mitranya tentang cara kerja menjadi mitra Grab. Meskipun disaat pelatihan video training sudah dijelaskan bagaimana proses kerja driver, baik saat tentang kode etik, safety riding serta fitur menu di aplikasi Grab driver.

Meskipun begitu, masih banyak driver Grab baru yang masih binggung dalam pelaksanaannya di lapangan. Bukan suatu yang salah, namun memang dibutuhkan pengalaman pribadi agar pelaksanaan cara kerja driver Grab menjadi lebih terampil dan profesional.

Yang paling membingungkan disaat menjadi driver Grab baru adalah tentang pemahaman aplikasi Grab driver. Apalagi aplikasi Grab driver memiliki berbagai fitur menu yang jauh lebih banyak dari pada fitur menu di aplikasi ojek online lain seperti fitur menu di aplikasi Gojek maupun Nujek.

Untuk itu, Gojekblog ingin memberikan penjelasan singkat tentang fitur-fitur menu di aplikasi Grab driver untuk calon driver Grab maupun mitra driver Grab baru, agar tidak binggung saat memulai karir sebagai pengemudi Grab. Berikut penjelasannya :

Fitur Menu di Aplikasi Grab Driver Terbaru

Penjelasan Kegunaan Fitur di Aplikasi Grab Driver 2020

Halaman Menu Utama

Menu utama merupakan menu yang paling fital di aplikasi Grab. Terdapat informasi mengenai peta dan lokasi driver, saldo driver serta tombol On/Off aplikasi driver.

Untuk informasi peta dan lokasi driver, gunakan pengaturan GPS dengan akurasi tinggi agar lokasi Anda terdeteksi oleh sistem Grab. Tombol darurat di sebelah kiri digunakan untuk menghubungi pihak Grab jika Anda terkendala sesuatu melalui sms dan share lokasi.

Untuk mulai mengaktifkan aplikasi driver, Anda bisa tekan tombol On/Off di bagian tengah atas. Tombol On/Off yang berwarna hijau menandakan aplikasi driver sudah aktif dan bisa mendapatkan orderan.

Sedangkan tombol dengan simbol petir di samping kanan tombol On/Off, merupakan pilihan Autobid. Dengan mengaktifkan tombol Autobid, jika ada orderan masuk, sitem akan membuat penerimaan order secara otomatis. Jadi driver tidak akan khawatir lagi dengan loss order karena tidak sempat melihat ada penawaran order.

Dompet Atau Saldo Driver

Di menu utama Anda bisa melihat jumlah saldo driver yang tertera di pojok kanan. Saldo tersebut merupakan saldo dompet kredit driver. Terdapat 3 dompet yang dimiliki oleh driver Grab, antara lain Dompet  Kredit, Dompet Tunai dan Dompet OVO.

Penjelasan Kegunaan Fitur di Aplikasi Grab Driver 2020

Dompet Kredit : saldo di dompet kredit merupakan modal awal seorang driver Grab. Dengan mengisi dompet kredit yang cukup, akan berpotensi mendapatkan orderan. Karena potongan komisi Grab 20% akan dipotongkan ke saldo Dompet Kredit secara otomatis setelah penyelesaian orderan.

Baca :  11 Cara Mudah Menjalankan Orderan GrabFood Terbaru 2020

Meskipun jika saldo Dompet Kredit mencapai batas minimum (kurang dari 10.000), driver masih bisa mendapatkan orderan. Namun hal ini berlaku untuk orderan dengan metode pembayaran Non Tunai.

Karena alur baru di Grab akan melakukan pemotongan komisi 20% sementara di Dompet Kredit. Ketika order sudah selesai, Grab akan memindahkan saldo di Dompet Tunai sebesar potongan komisi 20% ke Dompet Kredit.

Namun sebaiknya, selalu jaga kecukupan jumlah Dompet Kredit agar Anda terus mendapatkan orderan.

Dompet Tunai : Merupakan saldo yang diperoleh driver Grab saat mendapatkan pembayaran non tunai atau mendapatkan bonus insentif harian. Di Saldo Tunai ini, Anda bisa transfer ke Bank Lokal maupun ke OVO Anda.

Dompet OVO : Kegunaan OVO di sini hanya digunakan saat pelanggan meminta top up saldo OVO saat dalam proses order. Selain itu, saldo di Dompet Tunai juga bisa ditransfer ke saldo OVO.

Rincian Pendapatan Driver

Penjelasan Kegunaan Fitur di Aplikasi Grab Driver 2020

Anda bisa melihat rincian pendapatan Driver Grab pada menu “Pendapatan”. Tidak hanya rincian pendapatan seminggu ini, bahkan Anda bisa melihat detail riwayat pendapatan Anda 3 bulan terakhir.

Untuk melihat detail rincian pendapatan, Anda bisa melihat dengan cara pilih Pendapatan kemudian pilih Riwayat. Anda bisa melihat detail pendapatan bahkan penyelesaian order yang telah diterima di hari tertentu.

Performa Dan Insentif

Untuk mendapatkan insentif harian driver Grab, terdapat syarat yang harus dipenuhi oleh driver Grab. Syaratnya adalah terkumpulnya berlian yang didapat oleh driver dengan jumlah sesuai skema insentif suatu kota. Berlian bisa didapatkan oleh driver disetiap menyelesaikan order di hari itu.

Besarnya berlian yang didapat untuk setiap orderan nilainya berbeda-beda. Jika Grabbike mendapatkan 13 berlian sedangkan GrabFood mendapatkan 24 Berlian. Nilai berlian bisa saja berubah sesuai dengan skema lokasi driver, trip panjang maupun jam operasional tertentu.

Penjelasan Kegunaan Fitur di Aplikasi Grab Driver 2020

Jika jumlah berlian sudah mencapai batas, driver berhak mendapatkan bonus dari Grab. Pembayaran untuk insentifnya, H+1 atau keesokan harinya. Namun agar mendapatkan insentif, selain mencapai target berlian sesuai skema, juga nilai penyelesaian dan nilai penilaian juga harus sesuai standart.

Baca :  4 Fitur Aplikasi Grab Driver Yang Tidak Ada di Aplikasi Gojek Driver

Standart agar mendapatkan insentif harian adalah dengan tingkat penyelesaian 70% dan nilai penilaian min 4.5. Anda bisa melihat performa penilaian dengan menarik keatas menu insentif dan logo berlian di halaman utama.

Fitur Lainnya

Pada menu “Lainnya”, Anda bisa melihat profil Anda serta program Grab lainnya seperti GrabBenefit, Tujuan Saya dan Notifikasi pesan.

Dengan menekan foto profil driver Grab, Anda akan mendapat informasi tentang pencapaian Anda selama on-bid. Anda akan tau penilaian dari pelanggan serta lencana apa saja yang Anda dapat dari pelayanan Anda untuk pelanggan.

Anda juga bisa menganti nomor handphone yang terdaftar di Grab secara langsung di aplikasi. Caranya masih berada di menu profil ini kemudian pilih logo setting di pojok atas sebelah kanan. Kemudian pilih nama Anda  dan Nomor Ponsel. Masukan nomor terbaru dan verifikasi otp di nomor yang terbaru.

Selain itu, Anda bisa setting modal dan layanan agar Anda dapat lebih banyak orderan dengan cara pilih scroll di pojok kiri atas. Terdapat pilihan Tujuan saya, Uang Modal dan jenis Layanan.

Agar lebih banyak mendapatkan orderan, setting Uang Modal Grab minimal 100.000. Semakin besar jumlahnya, semakin besar juga potensi Anda mendapatkan orderan. Namun tetap sesuaikan dengan uang belaja Anda yah.

Anda juga bisa setting jenis layanan Grab apa yang Anda inginkan. Misalnya saja cuaca sedang turun hujan dan Anda enggan mengambil orderan bike. Anda bisa menonaktifkan orderan GrabBike melalui fitur ini. Hanya untuk GrabExpress saja yang tidak bisa dinonaktifkan.

Untuk fitur Tujuan Saya, merupakan fitur yang memungkinkan Anda mendapat orderan yang searah dengan tujuan yang sudah Anda tentukan. Caranya dengan mengetikkan lokasi yang Anda inginkan, kemudian Grab akan memilihkan orderan yang searah dengan tujuan Anda. Namun untuk orderan jenis ini, Anda tidak mendapatkan berlian saat sudah menyelesaikan orderan.

Nah begitulah penjelasan singkat tentang aplikasi Grab Driver terbaru. Semoga penjelasan di atas bisa mempermudah Anda driver baru maupun calon driver Grab dalam pengoperasian aplikasi Grab driver.

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *