Skip to main content
Kenali Gopay PayLater Beserta Perhitungan Denda Gopay PayLater

Kenali Gopay PayLater Beserta Perhitungan Denda Gopay PayLater

Seiring perkembangan teknologi, banyak kemudahan fitur yang hadir guna mempermudah pelanggan dalam bertrasaksi. Seperti pada aplikasi Gojek yang menambahkan fitur Paylater di metode pembayarannya.

Fitur Gopay Paylater merupakan salah satu metode pembayaran di aplikasi Gojek yang memungkinkan pengguna aplikasi Gojek bisa bertransaksi di berbagai layanan Gojek tanpa memiliki saldo sekalipun.

Sistemnya seperti pihak Gojek memberikan pinjaman saldo untuk bertransaksi yang nantinya pengguna membayar tagihannya di akhir bulan.

Berbeda dengan sistem pinjam online dari aplikasi P2P lending yang mana pengguna bisa meminjam sejumlah uang tunai. Sistem paylater sendiri hanya menyediakan pinjaman untuk pembayaran jasa atau barang di aplikasi online.

Misalnya saja Anda ingin pesan GoRide maupun pesan GoFood, namun Anda tidak memiliki uang tunai maupun saldo Gopay di aplikasi Gojek. Anda bisa menggunakan fitur Gopay Paylater yang memungkinkan ANda bisa membayar semua tagihan layanan sekarang dan membayar tagihannya nanti di akhir bulan.

Terdengar sangat mengiurkan dan cukup menguntungkan, namun ketahui dulu syarat untuk mengaktifkan layanan Gopay Paylater dulu untuk bisa menikmatinya.

Syarat Mengaktifkan Gopay PayLater di Aplikasi Gojek

Kenali Gopay PayLater Beserta Perhitungan Denda Gopay PayLater
Source : gojek.com

Tidak hanya untuk aplikasi Gojek saja, fitur Gopay Paylater juga bisa digunakan di aplikasi lain yang terintegrasi dengan e-wallet Gopay sebagai salah satu pembayaranya. Sebut saja e-commerce Blibli.com, aplikasi Telkomsel dan lain sebagainya.

Namun fitur Gopay Paylater ini masih belum bisa digunakan untuk pembayaran menggunakan QR payment di merchant seperti Alfamart maupun Alfamidi.

Untuk bisa mengaktifkan Gopay Paylater, Anda harus melengkapi syarat-syarat pendaftaran Gopay Paylater di aplikasi Gojek. Antara lain :

  1. Warga Indonesia Indonesia yang memiliki KTP
  2. Berusia minimal 21 tahun
  3. Melakukan upgrade Gopay Plus di aplikasi Gojek
Baca :  Tips OnBid Driver Ojek Online Saat Menghadapi Musim Hujan

Sudah upgrade dan memenuhi syarat, namun belum bisa mengaktifkan Gopay Paylater?

Untuk hal ini pihak Gojek memiliki ketentuan sendiri dalam memastikan secara eklusif pelanggan yang bisa memanfaatkan fitur paylater. Jika hal ini terjadi pada Anda, mungkin Anda harus bersabar untuk itu.

Lakukan terus transaksi layanan Gojek dengan menggunakan metode pembayaran Gopay. Disaat sudah waktunya, Anda akan mendapat notifikasi khusus untuk mengaktifkan fitur Paylater ini di aplikasi Gojek.

Sebelum Pakai Paylater, Kenali Dulu Resikonya

Kenali Gopay PayLater Beserta Perhitungan Denda Gopay PayLater

Memang sedikit menggoda. Pengguna diberikan kemudahan bertransaksi disaat kantong sedang tipis-tipisnya. Bisa bayar ini itu untuk sekarang dan bisa dibayar belakangan selepas gajian.

Dikatakan pinjaman juga tidak sepenuhnya benar, karena pada dasarnya sistem Paylater ini tidak terang-terangan memberikan  biaya bunga atas pinjaman yang diberikan. Namun lebih kepada jasa penggunaan Paylater yang dibebankan bersamaan total tagihan pinjaman tiap bulannya.

Besaran biaya Gopay Paylater adalah 37.500 yang dibayar bulan berikutnya. Maksudnya jika Anda menggunakan fitur Gopay Paylater di bulan ini, maka Anda harus membayar sejumlah tagihan pinjaman beserta biaya paylater di akhir bulan atau awal bulan berikutnya.

Jika Anda tidak mengunakan Gopay Paylater, maka Anda juga tidak akan dibebankan biaya paylater ini di bulan berikutnya.

Selain itu, ada denda yang harus Anda bayar jika pembayaran tagihan pinjaman ini tidak mengikuti syarat penggunaan Paylater, keterlamabatan misalnya.

Anda akan mendapatkan denda per harinya jika Anda tidak membayar tagihan paylater melewati batas jatuh tempo.

Biaya Gopay PayLater dan Perhitungan Denda Gopay Paylater

Kenali Gopay PayLater Beserta Perhitungan Denda Gopay PayLater

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa biaya penggunaan Paylater ini sebesar Rp 37.500 per bulan. Sebesar apapun Anda menggunakan jumlah saldo Payater per bulannya, biaya tagihan penggunaan Paylater tetap sama.

Baca :  8 Cara Pesan GoFood Terbaru 2021 Bagi Pengguna Baru

Misalnya Anda menggunakan Paylater sejumlah 35.000 di bulan ini, maka tagihan yang harus Anda bayarkan di bulan berikutnya adalah 35.000 + 37.500 = 72.500

Bebannya akan sama jika Anda menggunakan Paylater sejumlah 400.000 di bulan ini, maka tagihan yang harus Anda bayarkan adalah 400.000 + 37.500 = 437.500

Denda merupakan tagihan yang akan dibebankan kepada Anda jika Anda belum melakukan pembayaran tagihan melewati jatuh tempo. Batas jatuh tempo yang diberikan adalah 5 hari di bulan berikutnya. Dendanya sebesar Rp 2.000 pe rhari dihitung setelah batas jatuh tempo.

Misalnya Anda memiliki tagihan paylater yang belum dibayarkan sejumlah 100.000, dan Anda sudah melewati 10 hari di bulan berikutnya. Maka denda yang akan anda bayarkan adalah :

Biaya tagihan : 100.000

Biaya Paylater : 37.500

Masa tenggang : 5 hari

Denda : 5 hari (10 hari – 5 hari tenggang) x 2.000 = 10.000

Total tagihan : 100.000 + 37.500 + 10.000 = 147.500

Dengan memahami fitur Gopay Paylater, Anda bisa memilah sendiri sebelum menggunakan fitur ini. Memang sangat menggoda apalagi disaat Anda sendiri tidak memiliki uang tunai untuk melakukan pembelian, namun besar pula resikonya jika Anda tidak membayar tepat waktu semua tagihannya.

Semoga bermanfaat

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *