Skip to main content
Cara daftar driver Go-Jek secara online

Persyaratan Yang Wajib Dipenuhi Saat Mendaftar Driver Ojek Online

Transportasi online kini semakin merajalela, selain cukup menjanjikan, transportasi online saya rasa cukup mudah diaplikasikan, sehingga banyak orang yang berbondong-bondong untuk memanfaatkan aplikasi transportasi online sebagai transportasi sehari-hari.

Banyak orang yang pada akhirnya beralih dari transportasi umum konvensional ke transportasi online. Selain karena mudahnya memesan, juga fasilitas jemput di tempat tujuan membuat transportasi ini sangat digemari, apalagi tarif harga yang jauh lebih murah ketimbang tranportasi umum semacam ojek pangkalan.

Mengingat larisnya transportasi ojek online di Indonesia, peluang menjadi driver ojek online pun banyak dilirik orang. Namun pendaftaran menjadi driver ojek online sekarang ini cukup sulit.

Karena lowongan driver itu tidak selalu ada, meskipun pendaftarannya tetap dibuka secara online, namun untuk diterima itu masih belum jelas kapan waktunya, dan harus menunggu kabar baik selanjutnya dari pihak kantor Ojek online.

Di Indonesia, terdapat dua nama brand besar yang bersaing dalam dunia transportasi online di Indonesia. Ada Go-jek dan Grab. Keduanya memiliki banyak pengguna transportasi tersebut, dan jika Anda ingin jadi driver ojek online, keduanya adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

Namun sebelum saya bahas lebih jauh mengenai cara daftar Ojek Online baik Grab maupun Go-Jek. Akan lebih baik jika Anda mengetahui syarat dan ketentuan sebelum daftar. Sebab persyaratan ini wajib dimiliki dan dipenuhi  bagi seorang calon driver agar bisa diterima menjadi driver.

Syarat tersebut adalah :

  1. Memiliki KTP dan SIM C aktif
  2. Sudah mengurus SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  3. Kendaraan motor dengan STNK dan pajak aktif (Motor harus layak di kendarai)
  4. Memiliki smartphone dengan Android OS, RAM minimal 1GB

Cara Daftar Driver Go-jek Secara Online

Seperti yang saya sebutkan di atas, bahwa lowongan menjadi driver online itu eksklusif, tidak selalu ada. Kalaupun pendaftarannya dibuka, hanya beberapa hari saja sudah tutup. Saya beruntung bisa daftar secara langsung dan diterima hari itu juga.

Baca :  Tau kah Anda? Menjadi Driver Ojek Online Itu Pelarian Stress Yang Efektif

Hal ini karena saya mendaftar disaat awal masuknya transportasi online di daerah saya. Jadi prosesnya tidak berbelit-belit seperti sekarang. Tinggal datang ke kantor cabang Go-Jek, membawa perlengkapan dokument sesuai persyaratan kemudian proses pembinaan serta top-up pertama sebagai mitra. Setelah itu, hari itu juga saya mendapat pelanggan pertama saya.

Kalau sekarang, datang ke kantor juga percuma, pendaftaran sudah ditutup karena kuota driver dalam satu wilayah itu dibatasi. Agar ada keseimbangan antara pendapatan driver dan juga permintaan custumer.

Meskipun pendaftaran ditutup, Anda masih tetap bisa daftar secara online kok. Caranya dengan mengunjungi situs resmi gojek di https://go-jek.com. Pilih pilihan “Gabung” kemudian Go-Ride seperti gambar dibawah ini.

Cara daftar driver Go-Jek secara online

Isi nama Anda sesuai dengan nama yang tercantum pada KTP. Isikan juga email aktif beserta nomer handphone utama anda. Pilih Kota sekaligus beri centang persyaratan dan persetujuan. Setelah terisi lengkap pilih “Daftar”.

Cara daftar driver Go-Jek secara online

Sesaat kemudian Anda akan menerima kode OTP di nomer handphone yang telah anda daftarkan, isikan kode OTP tersebut, kemudian Anda akan di alihkan ke dasboard calon Driver Gojek.

Langkah selanjutnya, Anda cukup mengisi data diri yang dibutuhkan serta mengunggah dokument yang diperlukan dalam proses permohonan.

Untuk proses diterima atau tidak, nanti akan di informasikan dari pihak Gojek baik melalui email yang sudah didaftarkan maupun via SMS dari PT Go-jek untuk proses selanjutnya.

Cara Daftar Driver GRAB Secara Online

Daftar sebagai driver Grab pun akan jauh lebih mudah kalau daftarnya langsung ke tempat pendaftaran. Enaknya itu Anda bisa tahu diterima atau ditolak tanpa harus menunggu berhari-hari.

Namun jika memang waktu Anda terbatas, daftar secara online jauh lebih tepat dan bisa diakses di segala tempat (yang penting ada konektifitas internet).

Untuk daftar driver Grabbike (Ojek Grab) secara online, Anda bisa mengunjungi situs resmi Grab di https://www.grab.com/id/driver. isikan data-data seperti nama, no handphone, kota juga pilihan sebagai driver apa yang Anda inginkan (Grabbike = ojek online).

Baca :  Sensasi Driver Ojek Online di Zona Merah
Cara daftar driver Grab secara online

Setelah itu, Anda akan mendapatkan email dari Grab untuk masuk ke dasboard calon driver. Anda diharuskan mengupload dokument yang diperlukan. Namun dokument harus berupa gambar foto bukan hasil scan.

Berbeda dengan Go-jek, di Grab harus melampirkan sebuah foto diri dengan backgroud putih, tidak boleh foto selfie apalagi foto alay seperti remaja masa kini.

Jadi untuk melampirkan foto diri, mintalah bantuan teman Anda untuk menfoto diri anda dengan backgroud putih tanpa memakai accesoris semacam topi dan kacamata.

Upload juga foto STNK, SIM, KTP, SKCK serta buku rekening Bank, dan semua dokument tersebut juga hasil dari foto kamera, bukan hasil dari scan. Usahakan foto dokument tersebut fokus dan jelas dibaca.

Anda juga akan melakukan tes online training melalui dasboard calon driver. Anda akan melihat beberapa video yang disediakan saat traning online.

Diujung video, Anda akan mendapati beberapa pertanyaan seputar video yang telah Anda lihat tadi. Jadi usahakan menjawab dengan benar setiap pertanyaan, sebab jika salah maka Anda akan mengulang hingga benar.

 Setelah proses registrasi dan online traning telah dilalui, Anda tinggal menunggu panggilan dari pihak grab baik berupa telpon maupun sms yang memberitahu Anda untuk mengambil atribut di kantor cabang.

Dan disaat pengambilan atribut tersebut, akun driver Grab anda akan diaktifkan dan mulai hari itu Anda sudah resmi menjadi mitra Grab.

***

Bagaimana? Sedikit ribet sih kalau menurut Gojekblog, jauh lebih mudah dengan daftar ke kantornya secara langsung seperti saat saya mendaftar jadi driver dulu. Namun masalahnya memang kuota driver itu terbatas untuk setiap daerah.

So, buat Anda yang masih menunggu proses penerimaan sebagai driver, bersabarlah. Karena tidak ada hal yang sia-sia bagi seorang yang sabar dalam menunggu dan mencoba.

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *