Tips OnBid Driver Ojek Online Saat Menghadapi Musim Hujan

Tips OnBid Driver Ojek Online Saat Menghadapi Musim Hujan

Profesionalisme seorang driver ojek online bisa dilihat dari kesiapan dan kesanggupan driver ojek online dalam menjalankan setiap tugas yang diterima setiap harinya. Tidak pilih-pilih order dan selalu menjalankan sesuai standart operasional dalam berbagai medan dan kondisi cuaca dengan begitu gagah.

Mengingat jam kerja mereka yang terkadang bisa melebihi jam kerja pada umumnya, tentu driver ojek online harus menyiapkan segala hal yang bisa membantu keadaan tetap siaga dalam onbid tiap harinya.

Karena hal tersebut, hal utama yang harus dilakukan oleh seorang driver adalah menyiapkan beberapa alat pendukung serta stamina yang prima guna memperlancar onbid seharian dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apalagi di musim penghujan seperti sekarang, kewaspadaan dan kesiapan driver ojek online harus selalu dijaga. Jangan sampai keadaan lelah dan stamina yang ngedrop terus dipaksa untuk bekerja. Karena hal tersebut bisa merugikan bagi driver sendiri maupun bagi pengguna atau pelanggan jika terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan.

Maka dari itu, Gojekblog ingin membagi tips bagi driver ojek online dalam menghadapi musim hujan agar onbid tetap aman dan hasil yang semoga bisa mencukupi kebutuhan keluarga setiap harinya.

Tips OnBid Ojek Online Saat Menghadapi Musim Hujan Ala GojekBlog

Tips OnBid Driver Ojek Online Saat Menghadapi Musim Hujan

#1. Pastikan Selalu Menyiapkan Alat Pendukung Dalam OnBid Saat Hujan

Alat pendukung ojek online merupakan faktor penting agar onbid bisa lancar tiap harinya. Dimulai dengan kualitas dan kapasitas smartphone yang mumpuni serta perlengkapan standart seperti helm dan masker untuk pelanggan untuk pelayanan yang terbaik.

Namun jika di musim penghujan tiba, driver wajib untuk menyiapkan tambahan alat pendukung guna menghadapi cuaca berhujan. Seperti menyiapkan dua jas hujan, waterproof maupun jaket untuk helm.

Baca :  6 Manfaat Menggunakan Aplikasi GOJEK Customer Yang Harus Anda Ketahui

Dua jas hujan dipersiapkan untuk ambil Ride/Bike saat cuaca berhujan. Satu untuk driver sendiri dan satunya untuk pelanggan. Jangan gunakan satu jas hujan type batman, meskipun pelanggan masih bisa menumpang dengan kondisi jas hujan seperti itu, namun tingkat pelayanannya jauh lebih baik jika menggunakan 2 jas hujan.

Sediakan juga waterproof untuk smartphone dan jaket untuk helm pelanggan. Jika mendapat order kirim paket atau antar makanan, usahakan menggunakan tambahan lapisan agar pesanan tidak kebasahan terkena air hujan.

Anda juga bisa mengakalinya dengan meminta restorant untuk menambahkan pelapisan kantong plastik untuk menghindari makanan terkena air hujan. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan tas yang cukup besar untuk mengantar makanan atau pesanan kepada pelanggan.

#2. Jangan Memaksakan Untuk Bekerja Saat Kondisi Tidak Memungkinkan

Jangan memaksakan diri untuk bekerja saat hujan jika kondisi Anda masih kurang sehat, terlebih jika Anda dalam keadaan pilek atau baru sembuh dari gejala flu yang umum diderita kebanyakan orang saat musim hujan.

Karena di samping untuk menjaga kondisi tubuh lebih fit, kondisi tubuh yang kurang baik dapat membuat kosentrasi dan kewaspadaan Anda akan berkurang. Ditakutkan sesuatu hal yang buruk terjadi jika Anda memaksakan diri untuk tetap onbid saat hujan.

Lebih baik beristirahat sejenak dan lanjut setelah hujan mereda meskipun mencapai insentifnya lebih lama, dari pada tetap bekerja dan mendapat insentif lebih cepat namun besoknya tidak bisa onbid karena tubuh melemah.

#3. Jaga Kecepatan Berkendara Anda Serta Hindari Berada di Belakang Kendaraan Besar

Driver Grab
Driver Grab

Saat kondisi jalan dilanda hujan, jalanan akan lebih licin dari biasanya. Apalagi jika curah hujan sedang deras-derasnya, jarak pandang mata akan lebih pendek karena terhalang oleh derasnya hujan. Hal ini sering menjadi kendala utama kecelakaan di jalan saat turun hujan.

Baca :  Pilih Mana? Jadi Driver Ojek Online Atau Karyawan

Sebaiknya Anda menjaga kecepatan berkendara Anda saat sedang menjalankan orderan. Jaga jarak aman saat berada di belakang kendaraan besar. Serta selalu perkirakan secara matang jika ingin menyalip di cuaca berhujan.

#4. Tingkatkan Kewaspadaan Anda Pada Jalan Berlubang

Selain licinnya jalan saat cuaca hujan, Anda juga harus mewaspadai akan lubang-lubang di jalan raya yang tergenang oleh air hujan. Banyak kejadian kecelakaan oleh pengguna jalan yang disebabkan oleh adanya lubang di jalan yang tertutup oleh genangan air ini.

Selain itu, derasnya curah hujan juga berpotensi menambah lubang di jalan serta menambah ukuran diameter lubang di jalanan semakin lebar dan semakin dalam yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Lebih baik jalan lebih pelan-pelan saat menjalankan orderan, serta mewaspadai ketika melihat genangan air di jalan. Dengan cara seperti itu, meski ban sepeda motor masuk dalam lubang yang cukup besar, dengan kondisi Anda sudah mewaspadai sebelumnya, kecelakaan dalam berkendara mungkin bisa di menimalisir.

#5. Jangan Terburu-Buru, Keselamatan Nomor Satu

Banyak strategi yang dilakukan oleh driver ojek online dalam mengejar poin atau berlian agar bonus insentif harinnya cair lebih cepat. Ada yang berangkat lebih pagi maupun ada yang mangkal di dekat sebuah restorant yang ramai order.

Namun jangan hanya fokus mengejar poin kalau mengerjakan setiap order dengan terburu-buru. Selain bisa mendapat rating yang buruk dari customer karena dinilai kebut-kebutan dan ugal-ugalan. Juga mengerjakan order secara terburu-buru juga bisa merugikan driveritu sendiri saat terjadi hal yang tidak diinginkan saat di jalan.

Ingat, keselamatan Anda lebih penting apalagi keluarga sedang menanti Anda dalam kedaan selamat sampai di rumah. Lebih baik pelan tapi pasti, meskipun sedikit lambat asal bonus harian tetap di dapat.

Semoga tips onbid saat menghadapi musim penghujan ini bisa bermanfaat.

Salam Satu Aspal

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *